Banjir Kembali Melanda Kota Pamekasan


WARTAMADURA.COM – Banjir menggenangi sebagian rumah warga di tiga kelurahan dan dua desa di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020) menyusul hujan deras yang melanda wilayah itu dalam dua hari terakhir ini.

Masing-masing Kelurahan Gladak Anyar, Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Patemon, Desa Laden dan Desa Nyalabu.

Ketinggian air di lima lokasi ini terpantau antara 20 cm hingga 60 cm, bahkan di lokasi tertentu ada yang mencapai 1 meter lebih.

Lokasi terparah di Jalan Sinhaji Kelurahan Jungcangcang, yaitu lokasi yang paling dekat dengan aliran sungai.

Di lokasi ini, petugas mulai mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet.

Banjir akibat luapan sungai ini terjadi sejak sekitar pukul 19.00 WIB dan mulai sekitar pukul 21.00 WIB banjir dari luapan sungai mulai memasuki perkampungan warga.

Hingga pukul 23.00 WIB, belum ada tanda-tanda banjir akan surut. Proses evakuasi warga oleh tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan terus berlangsung.

“Banjir yang melanda warga kota saat ini merupakan kali kedua dalam sepekan terakhir ini,” kata Supervisor Penanggulangan Bencana BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono di lokasi banjir, Jumat malam.

Pada 14 Desember 2020, banjir juga menggenangi sebagian rumah warga di Kelurahan Patemon, namun tidak berlangsung lama dan segera surut.

Dua hari kemudian, yakni pada 16 Desember 2020, banjir juga terjadi di Dusun Jungcang, Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean, serta dua desa di kecamatan Waru, yakni di Dusun Bunten, Desa Sana Laok, serta Dusun Du’uman, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru.

Banjir di dua desa ini juga akibat luapan akibat tidak mampu menahan debet air setelah wilayah itu diguyur hujan deras selama tiga hari berturut-turut. (WARTAMADURA.COM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.