Paslon Fauzi-Eva menang 23.194 suara di Pilkada Sumenep


Calon Bupati dan Wakil Sumenep yang memperebutkan dukungan masyarakat Sumenep pada pilkada 9 Desember 2020, hari ini.

WARTAMADURA.COM – Pasangan calon nomor urut 01 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah menang 23.194 suara atas pasangan nomor urut 02 Fattah Jasin-KH Ali Fikri berdasarkan hasil Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, Kamis (17/12/2020) sore.

“Hasil ini dari 27 kecamatan di daratan dan kepulauan yang tersebar di 334 desa di 2.500 tempat pemungutan suara,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi di Sumenep, Kamis sore.

Rafiqi menjelaskan, hasil rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan secara manual, hingga sekitar pukul 17.00 WIB belum selesai.

“Tapi hasilnya tidak jauh berbeda dengan Sirekap, dan kalaupun ada perbedaan, maka perolehan suara di Sirekap akan disesuaikan,” katanya.

Berdasarkan data terpantau di Sirekap KPU Sumenep pada pukul 17.15 WIB, pasangan Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah meraih dukungan 319.541 suara atau 51,9 persen, sedangkan Fattah Jasin-KH Ali Fikri meraih dukungan 296.347 suara atau 48,1 persen.

Fauzi menang di 18 kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Sumenep,
Kalianget, Manding, Talango, Bluto, Lenteng, Gili Genting, Ganding, Pragaan,
Dasuk, Rubaru, Batang-Batang, Batu Putih, Dungkek, Nunggunong, Masalembu, Batuan,dan Kecamatan Kangayan.

Sedangkan pesaingnya Fattah Jasin-KH Ali Fikri, menang delapan kecamatan. Masing-masing Kecamatan Guluk-Guluk, Ambunten, Pasongsongan, Gapura, Gayam,
Raas, Arjasa, dan Kecamatan Sepekan.

Total jumlah pemilih di Kabupaten Sumenep pada pilkada yang pemungutan suaranya digelar 9 Desember 2020 itu sebanyak 822.320 orang, terdiri dari dari 433.686 orang pemilih perempuan dan 388.634 pemilih laki-laki.

Dari jumlah itu, warga Sumenep yang menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara 9 Desember 2020 sebanyak 615.888 orang, dari total jumlah pemilih terdaftar sebanyak 822.320 orang.

Dengan demikian, sebanyak 206.432 warga Sumenep yang tidak menggunakan hak suaranya.

Sementara itu, Dosen Ilmu Sosiologi Politik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Hannan menilai, kemenangan pasangan Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah berkat kekuatan personel tokoh.

Sebab, dari sisi dukungan partai, pasangan calon nomor urut 01 ini kalah dibanding pasangan calon nomor urut 02.

Pasangan calon Fauzi-Eva didukung oleh partai dengan keterwakilan di parlemen sebanyak 20 kursi, masing-masing Partai Gerindra 6 kursi, PAN 6 kursi, PDIP 5 kursi, PKS 2 kursi dan PBB 1 kursi.

Sedangkan Paslon Fattah Jasin-KH Ali Fikri didukung oleh partai politik dengan jumlah wakil di parlemen sebanyak 30 kursi, yakni PKB 10 kursi, PPP 7 kursi, Demokrat 7 kursi, NasDem 3 kursi, dan Hanura 3 kursi.

“Seharusnya, apabila melibat kalkulasi dukungan partai politik, maka paslon nomor urut 02 yang menang. Tapi ini kan politik, segala sesuatu bisa dan mungkin saja terjadi,” kata Hannan, menjelaskan. (WARTAMADURA.COM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.