Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Pamekasan


Petugas gabungan mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Trunojoyo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (8/12/2020).

WARTAMADURA.COM – Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (8/12/2020) sore mengevakuasi pohon tumbang akibat angin kencang disertai hujan teras yang menutup jalur penghubungan antarkabupaten di wilayah itu.

Selain merobohkan pepohonan, hujan deras disertai angin kencang di Pamekasan ini juga memutus jaringan listrik di sekitar Kota Pamekasan.

Sementara, terkait jaringan listrik yang putus ini, BPBD Pemkab Pamekasan juga telah berkoordinasi dengan PLN Area Pamekasan dan petugas sudah meluncur ke lokasi kejadian.

Selain di Kecamatan Kota Pamekasan, aliran listrik padam menyusul hujan deras disertai angin kencang ini juga terjadi di Kecamatan Pademawu, Galis, Larangan, Tlanakan dan sebagian di Kecamatan Kadur, Pamekasan.

Hujan deras disertai angin kencang kali ini juga dilaporkan terjadi di wilayah utara Pamekasan, serta di daerah perbatasan antara Kabupaten Pamekasan dengan Kabupaten Sampang.

Menurut Petugas BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, kejadian hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan pepohonan di Jalan Trunojoyo Pamekasan roboh ini merupakan kali kedua pada pekan ini.

Sebelumnya, pada Minggu (6/2) bencana serupa juga terjadi, dan menurut prakiraan Badan Metereologi Klimatologi, cuaca buruk seperti ini akan berlangsung dengan sepekan kedepan.

“Kami dari BPBD dan Satpol-PP dibantu Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Pamekasan juga telah mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat dan mengimbau agar mereka meningkatkan kewaspadaan,” kata Budi, menjelaskan.

Berdasarkan data BPBD, selain bencana alam berupa angin kencang dan hujan deras, jenis bencana alam yang juga sering terjadi di Kabupaten Pamekasan saat musim hujan seperti sekarang ini adalah banjir dan tanah longsor. Yang sering terjadi banjir di Kecamatan Pamekasan, kalau bencana tanah longsong di wilayah utara Pamekasan, seperti di Kecamatan Pakong, Waru dan Pasean. (WARTAMADURA.COM)

Diterbitkan oleh Warta Madura

Pusat Informasi Madura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: