Warga Miliki Senjata Api Ilegal Ditangkap Polres Pamekasan


Polres Pamekasan menunjukan senjata api rakitan hasil yang dimiliki warga Pamekasan.

WARTAMADURA.COM – Aparat Polres Pamekasan menangkap oknum warga karena diketahui memiliki senjata api ilegal.

“Tersangka ini bernama Sahraton (55), warga Desa Ponjanan, Kecamatan Batumarmar,” kata Kapolres AKBP Djoko Lestari dalam keterangan persnya di Mapolres Pamekasan, Sabtu.

Oenangkapan tersebut dilakukan pada Rabu (22/1/2020) lalu, di Jalan Raya Simpang tiga Sotabar, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan.

Warga Desa Ponjanan, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan tersebut kedapapat membawa senjata api rakitan jenis revolver lengkap dengan 5 butir amunisi dan sajam, di dalam jok sepda motor.

Penangkapa dilakukan setelah polisi menerima informasi yang disampaikan masyarakat bahwa ada warga sipil yang memiliki senjata api rakitan ilegal.

Menurut kapolres, berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan petugas, tersangka telah memiliki senjata api selama 5 tahun dan senjata itu sering dibawa kemanapun ia pergi.

Selain menyita barang bukti berupa senjata api rakitan warna hitam, polisi juga menyita 5 butir amunisi, dan 1 pisau ukuran 18 cm serta 1 unit speda motor yamaha vega bernomor polisi M 2713 AO.

“Kalau pengakuannya, dia ini memiliki senjata api hanya untuk jaga diri,” ucap kapolres.

Ia menjelaskan, tersangka memang pernah terlibat kasus pembunuhan pada beberapa tahun lalu, dan divonis hukuman penjara selama 12 tahun oleh Pengadilan Negeri Pamekasan.

Kepada tim penyidik Polres Pamekasan tersangka mengaku, membeli senjata api ilegal itu dari temannya yang bekerja di Kalimantan.

Sementara itu, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya itu, polisi menjerat tersangka dengan Pasal 1 ayat (1) dan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara. (WM-082)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.