Bola Panas Stadion Gelora Madura bagi Madura United


Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan.

WARTAMADURA.COM – Stadion Gelora Rato Pamelingan (SGMRP) Pamekasan secara resmi difungsikan sebagai arena sepakbola oleh Bupati Ahmad Syafii pada 18 November 2016. Itu ditandai dengan pertandingan eksebisi antara Persepam melawan Persebaya Surabaya.

Stadion milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan diklaim memiliki kapasitas sebanyak 35 ribu penonton pada awal pembangunan dengan menghabiskan dana sebesar Rp 14 miliar. Stadion tersebut berdiri di atas lahan seluas 9.570 meter persegi yang terletak di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan.
am
Tentu saja, keberadaan stadion yang menggunakan rumput kualitas terbaik jenis Zoysia Matrella, juga menarik animo masyarakat Pamekasan. Terlebih stadion dengan kapasitas 250 kursi untuk tribun VIP, juga digunakan dua tim yang berlaga di kompetisi sepakbola profesional tanah air, yakni Persepam Madura Utama di Liga 2 serta Madura United FC di Liga 1.

Keberadaan stadion baru mulai difungsikan menggelar pertandingan, baik bagi Persepam maupun Madura United. Sekaligus menjadi ‘angin segar’ untuk kas maupun keuangan daerah, khususnya dari aspek Pendapatan Anggaran Daerah (PAD).

Apalagi setiap tim juga harus mengeluarkan dana besar untuk menggelar pertandingan, termasuk manajemen Madura United yang harus rela mengeluarkan dana sebesar Rp 25 juta untuk setiap pertandingan, ditambah pajak tontonan sebesar 16 persen sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) setempat.

Imbas dari itu, sektor perekonomian masyarakat khususnya di area stadion mulai beranjak naik. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya rumah makan, berdirinya sejumlah kios di area stadion, pemanfaatkan halaman rumah warga sekitar sebagai area parkir di setiap pertandingan hingga berdirinya beberapa hotel berlabel bintang.

Potensi maupun geliat tersebut mulai memancing sejumlah kalangan untuk bergerak, sesekali juga terdapat sejumlah oknum yang mengatasnamankan “Lembaga Swadaya Masyarakat” memploting berbagai kegiatan yang digelar di kompleks Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan.

Seiring waktu, Bupati Pamekasan Badrut Tamam menambah nama stadion menjadi Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan. Hal tersebut ditandai dengan laga eksekusi bertajuk Derby Suramadu, antara Madura United FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (6/4/2019).

Beberapa hari berselang, PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) mencoba mengajukan diri untuk mengelola Stadion Gelora Madura. Keseriusan tersebut berlanjut dengan penanda tanganan dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur PT PBMB, Zia Ul Haq Abdurrahim bersama Bupati Pamekasan, Badrut Tamam pada 19 April 2019.

MoU tersebut juga disambut baik oleh Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi. Bahkan ia juga menyatakan komitmennya untuk membangun sejumlah fasilitas terbaik, khususnya sebagai upaya memanjakan para penonton maupun suporter yang menyaksikan pertandingan.

Salah satu penambahan fasilitas tersebut dimulai dengan pemasangan papan iklan elektronik atau yang familiar disebut LED Perimeter Board, terlebih sebelumnya pihak manajemen juga sudah melengkapi fasilitas ruang ganti hingga kursi cadangan pemain.

Hanya saja jalinan kerjasama tersebut baru direalisasikan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Pamekasan, yang diwakili Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama PT PBMB per 30 Desember 2019. Kondisi tersebut justru memancing asumsi sejumlah pihak termasuk oknum LSM terhadap keberadaan stadion yang ternyata berkapasitas sekitar 13 ribu orang.

Bahkan oknum LSM juga melakukan audiensi bersama anggota DPRD Pamekasan, dengan melibatkan sejumlah pihak terkait untuk membahas kejelasan status Stadion Gelora Madura. Pimpinan dewan juga sempat mengundang aparat penegak hukum dalam sebuah kesempatan audiensi.

Hanya saja, per 31 Januari 2019 bertempat di Gedung Wakil Rakyat di Jl Kabupaten 107 Pamekasan, Direktur PT PBMB Zia Ul Haq Abdurrahim menyatakan menarik diri untuk mencalonkan sebagai pengelola Gelora Madura, sekalipun sempat menanda tangani PKS bersama Pemkab Pamekasan. (WM.Beritajatim.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.