Seniman Madura Protes Larangan Pentas Hiburan


Artis dan musisi Pamekasan saat berunjuk rasa di kantor DPRD memprotes pengekangan berekspresi yang dilakukan Pemkab Pamekasan selama ini.

WARTAMADURA.COM – Seniman dan musisi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (16/1/2020) menggelar aksi damai menuntut pemkab dan DPRD setempat memberikan kebebasan berekspresi pementasan hiburan dan musik di wilayah itu.

Aksi yang digelar di depan kantor DPRD di Kabupaten Pamekasan ini sebagai bentuk protes atas kebijakan Pemkab Pamekasan yang tidak memberikan izin pementasan musik dengan dalih bertentangan dengan norma dan etika agama Islam.

Juru bicara pengunjuk rasa Indra menyatakan, para seniman dan musisi mencari nafkah berdasarkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

“Jika para musisi dan seniman dilarang pentas, lalu dengan cara apa lagi kami bisa mencari nafkah,” kata Indra.

Selain menggelar orasi dan membentangkan sejumlah poster dan spanduk yang berisi nada protes, massa pengunjuk rasa ini juga menampilkan pertunjukan seni musik di depan kantor DPRD Pamekasan.

Antara lain musik daul, orkes dangdut dan beragam jenis kesenian lainnya.

Pengunjuk rasa ini juga memprotes kebijakan Polres Pamekasan yang tidak memberikan izin keramaian dalam beberapa kegiatan pertunjukan musik akhir-akhir ini, hanya karena atas permintaan ormas.

“Ini sangat tidak fair,” ucap Indra dengan suara lantang.

Ada enam tuntutan yang disampaikan pengunjuk rasa dalam aksi damai yang digelar di depan kantor DPRD Pamekasan itu.

Pertama, meminta Polres Pamekasan lebih objektif dan profesional menjalankan tupoksinya dalam menyikapi pentas seni khususnya musik di kabupaten Pamekasan.

Kedua, pengunjuk rasa ini meminta agar Polres Pamekasan tidak mengekang kebebasan bereskpresi dan mempermudah perizinan pentas seni khususnya musik selagi tidak melanggar undang-undang dan hukum yang berlaku.

“Ketiga, kami menuntut ketegasan dari Bupati Pamekasan untuk memperjelas PERDA hiburan tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun,” kata Indra.

Tuntutan keempat, massa pengunjuk rasa ini meminta Bupati dan DPRD Kabupaten Pamekasan untuk segera membentuk tim dan melibatkan usur pelaku seni dalam merevisi dan penetapan perda hiburan secara umum dan musik secara khusus.

Kelima, meminta Bupati dan DPRD Pamekasan untuk mensosialisasikan seni sebagai salah satu cara memerangi radikalisme sehingga tidak ada lagi diskriminasi terhadap seni dan pelaku seni.

Keenam, menuntut Bupati, DPRD dan Polres Pamekasan memberikan kemerdekaan berekspresi dalam seni dan musik sebagai hak sipil warga Negara Indonesia karena hak tersebut merupakan hak asasi yang mutlak dilindungi oleh konstitusi selama tidak bertentangan dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.

Sekda Pemkab Pamekasan Totok Hartono saat menemui massa pengunjuk rasa dari kalangan musisi dan seniman itu menyatakan, akan memperhatikan aspirasi pengunjuk rasa tersebut.

“Kami sangat mendukung pelestarian seni dan budaya Pamekasan dan tentunya yang tidak bertentangan dengan kearifan budaya lokal di Pamekasan ini,” kata Totok.

Senada dengan Totok, Komisi IV DPRD Pamekasan juga mengemukakan hal yang sama.

Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Moh Sahur Abadi menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengkoordinasikan tentang aspirasi para seniman dan musisi di Kabupaten Pamekasan itu.

“Yang jelas, pada prinsipnya kami sepakat dengan kebebasan berekspresi ini,” kata Sahur.

Selain dari kalangan seniman dan musisi, artis dangdut lokal Pamekasan juga ikut bersama pengunjuk rasa, karena kelompok ini yang sering dicekal untuk pentas di Pamekasan. (WM-0234)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.