Menelusuri Rekan Jejak Pembakar Batik Tulis Pamekasan


Aksi bakar warisan budaya dunia dari Indonesia (batik) oleh pengunjuk rasa saat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur pada 18 September 2019.

WARTAMADURA.COM – Kasus pembakaran batik tulis motif “Sekar Jagad” yang dilakukan oleh pengunjuk rasa bernama Zaini dan Abdus Salam saat berunjuk rasa di depan kantor Pemkab Pamekasan pada 18 September 2019 benar-benar membuat geram para perajin batik tulis di wilayah itu.

Selain karena telah melecehkan hasil karya para perajin batik tulis, aksi pembakaran batik yang merupakan warisan budaya dunia dari Indonesia sebagaimana telah diakui oleh Unesco itu, juga menyisakan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat tentang siapa sebenarnya aktor dibalik aksi membuat para perajin batik tulis di Pamekasan kecewa.

Berdasarkan catatan sejumlah media, keduanya, yakni Zaini dan Abdussalam ternyata memang sudah dikenal, karena aksinya yang sering menarik perhatian publik. Seperti yang pernah diberikan koranmadura.com pada 16 Maret 2017. [Baca Juga: Warisan Budaya Dunia dari Indonesia Dibakar di Madura]

Media online yang berkantor pusat di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberitakan, bahwa keduanya termasuk gerombolan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang pernah digelandang ke Mapolres Pamekasan karena asyik mabuk-mabukan di tempat umum. Zaini dan Abdussalam terpaksa digelandang ke Mapolres Pamekasan bersama dua orang temannya Slamet dan Faindoko.(KoranMadura.Com, 16/3/2019).

Situs resmi Polres Pamekasan pada laman polrespamekasan.org merilis, kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB, dan hal itu bermula dari adanya informasi dari masyarakat bahwa terdapat orang yang sedang mengadakan pesta minuman keras (miras) di warung depan Gereja Maria Ratu Para Rosul kemudian ditindaklanjuti oleh unit Patroli Satuan Sabhara Polres Pamekasan dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengamankan empat orang berikut barang buktinya ke Polres Pamekasan. [Baca Juga: Mengungkap Rekam Jejak Khairul Kalam dalam Framing Media]

Aktivis LSM Pamekasan yang ditangkap Polres Pamekasan pada 16 Maret 2017 lalu, karena mabuk di tempat umum, yakni di sekitar area Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

Keempat orang yang diamankan tersebut inisial ZWW (34) yang tak lain adalah Zaini Wer-wer selaku Ketua LSM Komat, dengan alamat Dusun Tegal Sari, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Lalu Abdus Salam alias AB (40) dari LSM GEMPA (Gerakan Masyarakat Pamekasan), Warga asal Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, Pamekasan Pamekasan, dan Faindoko (FD) (45) warga Jalan Anjasmoro No.36 Kabupaten Nganjuk dan Slamet alias (SR) (27), Warga Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan (polrespamekasan.org, 17/3/2017).

Kasubbaghumas Polres Pamekasan AKP Osa Maliki kala itu menjelaskan, kronologis penangkapan Zaini Wer-wer dan Abdussalam memang bermula adanya informasi dari masyarakat bahwa terdapat orang yang sedang mengadakan pesta miras di warung depan Gereja Maria Ratu Para Rosul kemudian ditindaklanjuti oleh unit Patroli Sat Sabhara Polres Pamekasan yakni Aiptu Moh Ali dan Bripda Arief Lukman Hakim dengan mendatangi TKP dan berhasil mengamankan empat orang beserta 9 (sembilan) botol miras jenis anggur putih kosong yang telah dikonsumsi. [Baca Juga: Sebagian Aktivis Anti-Korupsi di Madura Menjadi Pelaku Korupsi]

“Saat kami amankan, salah satu di antara mereka sempat mengamuk akibat efek minuman keras. Mereka kita amankan dalam keadaan mabuk berat,” jelas Osa Maliki kala itu.

Berdasar laporan yang kami terima dari Masyarakat, sebenarnya lebih dari empat orang yang melakukan pesta miras, akan tetapi ada pelaku lain yang kabur sebelum diamankan. [Baca Juga: Media Officer Madura United Dipukul LSM di Kantor Dewan]

Menurut catatan timesindonesia.co.id, Abdussalam dan Zaini merupakan anggota LSM yang kerap melakukan aksi unjuk rasa ke kantor beberapa instansi pemerintah kabupaten Pamekasan. Mereka berdua sering mengkritisi kebijakan dan hasil pembangunan infrastruktur pemerintah dengan cara unjuk rasa. (WARTAMADURA.COM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.