Berawal dari Tendangan Saksi Prabowo, Rekapitulasi Sampang Ricuh


Kericuhan di rapat pleno KPU Sampang dipicu oleh tendangan saksi Prabowo di depan forum rapat pleno.

WARTAMADURA.COM – Saksi yang mengamuk dan membikin kegaduhan saat rekapitulasi tingkat kabupaten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (2/5/2019) malam dari pihak Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Mereka memprotes karena menurutnya ada unsur kecurangan,” kata Komisioner KPU Sampang Faidi kepada wartawan per telepon, Jumat (3/5/2019) pagi.

Data perolehan suara Prabowo-Sandi yang dibacakan oleh PPK Kedungdung tidak sama dengan data yang dipegang saksi. Kala itu, saksi Prabowo-Sandi memprotes KPU meminta agar mencocokkan kembali C1 plano di Kecamatan Kedungdung karena diduga hasil rekapitulasi suara terjadi banyak kecurangan.

Interupsi bermunculaan saat pembacaan rekapitulasi formulir DA1 atau kertas hasil rekapitulasi suara Kecamatan Kedungdung untuk Pilpres ada perbedaan perolehan hasil suara di Desa Ombul dan Desa Pajeruan.

“Ini permainan apa, lebih baik kita membuka C1 demi asas keadilan bisa terungkap,” ujar Fauzan Adima saksi Partai Gerindra pengusung Prabowo-Sandi.

Fauzan mengatakan, pihaknya menolak jika rekapitulasi PPK Kedungdung disahkan oleh KPU Sampang karena dianggap cacat secara hukum.

Lalu seorang saksi lain maju dan langsung menendang kursi. Situasi semakin memanas, setelah polisi mengamankan saksi yang ngamuk dengan menendang kursi itu.

Petugas menganggap ulah saksi itu telah membuat gaduh dan berpotensi memicu gerakan peserta lain, serta dianggap sebagai provokator dan penyebab terjadinya kericuhan di forum rapat pleno terbuka itu.

Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman menjelaskan, pihaknya sengaja mengamankan kedua orang tersebut demi menjaga stabilitas situasi agar tetap kondusif.

“Kalau mereka hanya berdebat biasa, tentu tidak akan kita persoalkan. Ini masalahnya telah membuat kegaduhan di dalam forum pleno,” kata kapolres. (WARTAMADURA.COM)

View this post on Instagram

Rekapitulasi Pemilu di Sampang, Madura rusuh.

A post shared by MADURAKU.COM (@madurakudotcom) on

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.