Kartu tani di Madura belum bisa dimanfaatkan


WARTAMADURA.COM – Kartu tani yang diberikan pemerintah kepada para petani di Kabupaten Pamekasan, Madura hingga kini belum bisa dimanfaatkan, bahkan sebagian belum terdistribusi kepada para petani.

Penerbitan kartu tani oleh pemerintah melalui kementerian pertanian ini dimaksudkan untuk membantu petani mempermudah dalam mendapatkan jaah beli pupuk bersubsidi, sesuai dengan kebutuhan luas tanam.

Selain itu, kartu tani juga dapat digunakan untuk meminjam modal di salah satu bank milik pemerintah.

Kartu tani tersebut akan berisikan kuota sesuai dengan kebutuhan petani. Jumlah dari kuota tersebut tergantung dari luas lahan yang dimiliki setiap petani. Namun, kartu tersebut tidak dapat diuangkan.

“Tapi meski kartunya sudah ada, kami belum bisa apa-apa disini, karena belum diaktifkan,” kata di Pamekasan, Zainul.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pemkab Pamekasan, jumlah petani di Kabupaten Pamekasan yang akan mendapatkan kartu tani sebanyak 139 ribu orang dari 1.019 kelompok tani yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Dari jumlah itu, sebanyak 60 ribu petani telah menerima kartu tani, termasuk para petani di Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan.

Menurut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pemkab Pamekasan Aziz Jamil, kartu tani yang telah diterima petani itu belum bisa dimanfaatkan, karena masih menunggu semua jenis kartu rampung dicetak.

“Sebelum kartu tani tercetak 100 persen, maka sesuai penjelasan pihak kementerian, tidak bisa diaplikasikan,” katanya.

Aziz Jamil mengaku, telah menyampaikan kelurahan para petani Pamekasan itu kepada pemerintah pusat, dan berharap kebutuhan masyarakat petani di Pamekasan bisa segera dipenuhi. (MADURAKU.COM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.