Bawaslu Masih Temukan Pelanggaran di Pilkada Ulang Sampang


Pelaksanaan pemungutan suara ulang di Sampang, Madura, Jawa Timur

WARTAMADURA.COM – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menyatakan, masih menemukan pelanggaran pada pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur yang digelar 27 Oktober 2018.

“Hasil pemantauan langsung yang kami lakukan kemarin, ditemukan ada beberapa TPS yang kita datangi tidak menempelkan DPT di papan pengumuman. Padahal itu merupakan keharusan,” kata Komisioner Bawaslu RI M. Afifuddin kepada wartawan Sampang, Madura, Minggu (28/10/2018).

Tapi, sambung dia, pihaknya sudah mengingatkan untuk ditempel daftar pemilih tersebut sebelum masa pencoblosan selesai.

Bawaslu RI memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur yang digelar 27 Oktober 2018 itu.

Menurutnya, penempelan DPT pada papan pengumuman di sejumlah TPS dinilai penting. Sebab, hal ini untuk memudahkan kepada pemilih.

“Jadi, temuan kami sifatnya teknis, tapi kami langsung tegur seketika itu juga,” katanya, menjelaskan.

Selain persoalan data pemilih, temuan lain Bawaslu RI saat memantau pelaksanaan pilkada ulang di Sampang, Madura, Jawa Timur adalah tidak akses khusus bagi pemilih disabilitas. “Padahal, seharusnya ada,” ujar Afif.

Selain memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang di masing-masing TPS, Bawaslu RI juga memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS khusus, yakni di Rutan dan RSUD Sampang.

“Kami sengaja memantau secara langsung proses pengutusan suara di dua TPS khusus ini, untuk memastikan bahwa proses pilkada benar-benar berlangsung sesuai dengan ketentuan dan pemilih bisa menggunakan hak pilihnya,” kata Afif.

Warga Sampang yang tercatat sebagai pemilih dan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemungutan suara ulang pilkada sebanyak 767.032 orang, terdiri 377.998 laki-laki dan 389.034 perempuan.

Jumlah pemilih dalam DPT untuk PSU berkurang 36.467 orang dari sebelumnya mencapai 803.499 orang. Rinciannya sebanyak 397.031 laki-laki dan 406.468 perempuan.

Mereka adalah pemilih di 1.450 TPS yang tersebar di 180 desa dan enam kelurahan pada 14 kecamatan.

PSU Pilkada Sampang diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan H Hisan/KH Abdullah Mansyur (Hisbullah) yang diusung Partai Demokrat dan PAN, pasangan H Slamet Junaidi/H Abdullah Hidayat (Jihad) didukung Partai NasDem, PKS, PDIP, dan PPP, kemudian pasangan Hermanto Subaidi/Suparto dicalonkan Partai Gerindra dan PKB. (WARTAMADURA.COM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.