Siaran Gempa Susulan 8,4 SR Menyebar di Madura, BPBD Nyatakan Hoax


WARTAMADURA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyatakan, kabar gempa susulan 8,4 skala richter yang disiarkan secara berantai melalui jejaring sosial whatshapp (WA) bohong.

Menurut BPBD, itu bukan merupakan rilis dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan hanya dilakukan oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab, sehingga masyarakat tidak perlu panik.

“Itu hoax, dan BMKG hingga saat ini tidak meliris adanya gempa susulan, sebagaimana pesan yang berantai di berbagai grup WA di Pamekasan itu,” ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono dalam keterangan persnya di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) malam.

Pada siaran berantai di sejumlah grup WA di Kabupaten Pamekasan itu menjelaskan tentang pemberitahuan akan adanya gempa susulan kepada masyarakat Madura.

Siaran itu menyebutkan akan terjadi gempa dan tsunami dengan kekuatan 8,4 skala richter dengan tanggal kejadian 12 Oktober 2018.

Siaran di grup WA yang kini membuat warga Pamekasan resah tersebut juga menyebutkan, bahwa gempa berpotensi tsunami. “Gempa ini akan berpotensi tsunami”. Demikian petikan kalimat dalam siaran grup WA yang kini tersebar luas di kalangan masyarakat Pamekasan itu.

Terkait adanya siaran ini, BPBD Pemkab Pamekasan selanjutnya memosting ulang ke sejumlah grup WA dan menyebutkan bahwa siara itu bohong.

Koordinator TRC BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono selanjutnya meminta, agar masyarakat tidak mudah mengirim informasi yang tidak jelas sumber beritanya, karena akan membuat warga panik.

“Sekarang ini masyarakat sensitif jika menerima informasi gempa, karena kejadiannya baru tadi pagi dan sebagaimana kita ketahui bersama banyak saudara-saudara kita yang menjadi korban,” ujar Budi. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.