Kabar Bohong Gempa Susulan 8,4 SR Meresahkan Warga Madura


WARTAMADURA.COM – Kabar bohong mengenai adanya gempa susulan dengan kekuatan 8,4 skala richter (SR) yang disebarkan oknum warga ke beberapa grup whatshapp di Pamekasan, Madura, Jawa Timur meresahkan warga di Pulau Garam itu.

Akibat adanya siaran berantai yang menyebutkan akan terjadi gempa susulan dengan magnitudo 8,4 itu, sebagian warga di Pamekasan banyak yang terpaksa tidur di teras rumahnya, dengan alasan, agar modah lari ke tanah lapang, apabila memang terjadi gempa bumi.

Warga Pamekasan yang banyak tidur di teras, bahkan di luar rumahnya diantaranya warga di kampung Rongkarong, Kelurahan Gladak Anyar, Pamekasan.

Mereka mengaku, khawatir akan terjadi gempa susulan, berdasarkan siaran melalui jejaring sosial WA yang mereka terima.

Sementara itu, menyikapi informasi yang beredar tersebut, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Kabupaten Sumenep, Usman Kholid, meminta masyarakat untuk tenang.

“Kami mohon agar masyarakat tetap tenang,” kata Usman dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada wartawan setempat, Kamis (11/10/2018) malam.

Usman mengatakan, sampai saat ini belum ada tekhnologi yang mampu memprediksi kapan akan terjadi gempa bumi, apalagi memprediksi parameternya, sebagaimana yang disiarkan oknum warga Pamekasan itu ke berbagai grup whatshapp.

“Terkait gempa bumi, sampai saat ini belum ada teknologi manapun yang bisa memprediksi akan terjadinya gempa bumi, baik itu lokasi maupun kekuatannya,” katanya, menambahkan.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar tidak percaya terhadap informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Harap tidak mempercayai informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Jika ada info terkait gempa bumi akan segera kami infokan. Semoga kita semua mendapat perlindungan dari Allah SWT. Amin,” ujar Usman. (Wm)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.