Ratusan Orang Madura di Pamekasan Menderita Kusta


WARTAMADURA.COM – Sedikitnya 276 orang Madura yang tinggal di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur saat ini tercatat positif menderita penyakit kusta, kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan Ismail Bey.

Bahkan, penderita kusta di Pamekasan, kini mulai merambah kecamatan yang sebelumnya belum ada warga yang menderita kusta. Salah satunya di Kecamatan Galis.

Menurut Ismail, tiga tahun lalu warga di Kecamatan Galis bebas penyakit kusta. “Tapi sekarang sudah ada warga disana yang menderita kusta,” katanya dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada wartawan Pamekasan, Selasa (9/10/2018).

Berdasarkan catatan Dinkes Pamekasan, jumlah penderita kusta terbanyak di Pamekasan adalah Kecamatan Pasean dan Batumarmar.

Menurut Bey, masyarakat Pamekasan masih banyak yang belum memahami penyakit kusta serta cara pencegahannya. Dan penyakit kusta mudah menyebar.

“Jadi penyakit kusta mudah menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya jika ada kontak fisik,” terangnya.

Bey memaparkan penularan kusta bisa terjadi dengan cara mandi dalam wadah serta menggunakan pakaian atau sabun yang sama. Kondisi yang demikian, sangat memungkinkan penyakit kusta mudah menular.

Saat ini, sambung dia, pihaknya masih mengupayakan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat agar tahu apa itu kusta, cara penyebaran, beserta pencegahannya. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.