Elang Jawa Jadi Maskot HPN 2019


WARTAMADURA.COM – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meluncurkan Elang Jawa sebagai maskot Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

“Elang Jawa ini adalah burung dilindungi yang hampir punah dan sekarang keberadaannya ditemukan di Taman Hutan Raya yang dikelola Pemerintah Daerah,” ujar Pakde Karwo sapaan Soekarwo di sela peluncuran di Auditorium TVRI Jakarta, Minggu (7/10/2018) malam.

Pada maskot tersebut, sang Elang Jawa memegang pena yang menggambarkan tentang kecerdasan dan bertanggung jawab sesuai dengan peran pers di Indonesia.

Peluncuran maskot dilakukan bersama Atal S Depari Ketua PWI Pusat, yang disaksikan Rudiantara Menkominfo, penanggung jawab HPN 2019 Margiono, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetya, serta sejumlah kepala OPD.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu juga memaparkan penjelasannya tentang tema HPN tahun depan, yaitu “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”.

Menurut dia, di era digitalisasi saat ini sudah saatnya pers dan rakyat bersinergi memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu mengaku bangga karena Jatim dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN yang akan dihadiri ribuan jurnalis dari berbagai daerah di Tanah Air tersebut.

Sementara itu, Margiono penanggung jawab HPN 2019 menilai tema tersebut sangat luar biasa karena pers dan masyarakat bekerja sama memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis digital.

“Banyak pelajaran dan maknanya sehingga ini adalah tantangan di era digital. Pers juga akan belajar di sana,” ucapnya seperti dikutip Antara.

Hal senada disampaikan Rudiantara Menkominfo yang mengakui bahwa kondisi perekonomian di Jatim sangat stabil dan terbukti menunjukkan kualitas.

“Apalagi temanya sangat mengena dan memang pemerintah selalu berpihak pada UMKM. Kementerian Kominfo juga menyediakan program menggratiskan sejuta domain untuk penguatan UMKM sehingga sangat berkesinambungan,” katanya.

Elang Jawa
Elang Jawa sebagai maskot HPN 2019 merupakan karya Raga Nopsa desain grafis Jawa Pos. Ini setelah dia memenangi lomba karya maskot HPN 2019 yang digelar PWI Jatim.

Karyanya, menyisihkan tiga nominator lainnya, yang dinilai tiga dewan juri profesional dalam bidangnya.

Dalam desain tersebut digambarkan, Elang Jawa, yang sudah mulai punah itu, mengenakan beskap lengkap dengan aksesorinya ala Jawa Timuran. Beskap lekat dengan masyarakat Jawa Timur, serta biasa digunakan dalam acara-acara resmi.

Agar Elang Jawa tidak punah, kini mulai banyak yang menangkar satwa itu.

Sama seperti dalam dunia jurnalistik, melalui kerjasama yang baik, diharapkan elang dan dunia kewartawanan terus bangkit dan berkembang.

Melalui proses penjurian yang ketat, dewan juri menilai empat dari 19 hasil karya para awak media yang masuk ke panitia, terpilih menjadi nominator. Dari empat nominator akhirnya dipilih satu, karya Nopsa. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.