KPU Pamekasan Diminta Segera Lakukan Singkronisasi Data Pemilih


WARTAMADURA.COM – Badan Pengawas Pemilu Pamekasan, Jawa Timur, meminta agar Komisi Pemilihan Umum bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil segera melakukan sinkronisasi data pemilih pemilu 2019 menyusul adanya temuan pemilih ganda dan invalid.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pamekasan Khotim Ubaidillah kepada media di Pamekasan, Selasa (2/10/2018), sinkronisasi data pemilih penting dilakukan mengingat hasil pengawasan di lapangan ditemukan banyak data pemilih invalid dan ganda.

“Data pemilih invalid yang kami temukan di lapangan sebanyak 7.000-an pemilih, sedangkan data pemilih ganda sebanyak 1.069 orang,” katanya.
Karena itu, validitas data pemilih hendaknya segera dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan dinas kependudukan dan catatan sipil Pemkab Pamekasan.

“Jika validitas data pemilih ini tidak segera diperbaiki, kami khawatir nantinya justru akan menjadi persoalan di kemudian hari,” ujarnya.
Ubed–sapaan karib Khotim Ubaidillah itu–menjelaskan, secara kelembagaan Bawaslu Pamekasan telah menyampaikan rekomendasi ke KPU Pamekasan untuk segera memperbaiki data pemilih yang banyak ditemukan ganda dan invalid itu.
Bahkan Bawaslu juga meminta agar koordinasi antara pengawas pemilu juga dilakukan di tingkat kecamatan, yakni antara Panwascam bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Sebab berdasarkan data Bawaslu Pamekasan, temuan adanya data pemilih invalid dan ganda untuk pemilu 2019 itu hampir terjadi di semua kecamatan,” kata Ubed.

Sementara itu, penyebab banyaknya data pemilih invalid dan ganda itu, karena proses perekaman data pemilih tidak hati-hati, dan pemutakhiran data pemilih tidak dilakukan secara langsung oleh petugas pendataan di lapangan. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.