Dukungan Ulama Madura Pecah, Jokowi-Ma’ruf Mulai Kuasai Santri dan Kiai


Deklarasi perwakilan ulama dan santri Madura mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

WARTAMADURA.COM – Dukungan ulama Madura pada Pilpres 2019 pecah dan Pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin diperkirakan akan menguasai peroleha suara di Pulau Garam, Jawa Timur itu.

Aksi menolak Jokowi yang sebelumnya gencar disuarakan oleh sekelompok orang, lambat laun mulai hilang, dan berbalik mendukung duet pasangan nomor urut 1 tersebut.

Ini terjadi, karena mayoritas warga Madura merupakan warga ormas Islam Nahdlatul Ulama, sedangkan wakil Presiden Jokowi yang akan bersaing pada Pilpres 2019 merupakan Pengurus Besar NU.

Sejumlah media memberitakan, relawan santri dan kiai se-Madura (Sakera) serta pengusaha se-Madura mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (Cawapres) Jokowi – KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 di Pondok Pesantren Al Anwar Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Kamis (20/9/2018).

Deklarasi dukungan dihadiri KH Asep Syaifuddin Halim yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah (Surabaya). Serta dihadiri sejumlah kiai berpengaruh di pulau Madura meliputi KH Muchlis Muhsin (Modung, Bangkalan), KH Mahrus Sofi (Pamekasan), KH Miftahul Ulum (Sumenep), KH Abdurrahman (Bangkalan).

Disusul KH Sofwan dari Sumenep, KH Syafik Rofii dari Bangkalan, KH Munir dari Sumenep, KH Anwaruddin dari Galis Bangkalan, KH Muhsin dari Bangkalan, KH Zarkasyi dari Sampang, KH Abdul Aziz dari Bangkalan, KH Abdul Latif dari Sampang, KH Mohammad Soleh dari Sumenep, KH Arwani dari Sumenep, KH Taufiqurrohman dari Sumenep, KH Fakhrurrozi dari Sampang, dan KH Ghozilul Hasan dari Bangkalan.

“Kami mendukung bapak Jokowi dan Kiai Ma’ruf dalam Pilpres 2019. Kami akan berusaha keras untuk memenangkan pasangan pak Jokowi dengan Kiai Ma’ruf,” terang Koordinator Relawan Sakera, KH Muchlis Muhsin.

Kiai Muchlis menjelaskan, alasan pihaknya mendukung Jokowi-KH Ma’ruf lantaran Jokowi merupakan figure negarawan yang pemberani dan visioner. Di mana, keberanian Jokowi dalam membangun infrastruktur secara merata di seluruh pelosok nusantara. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa.

Sedangkan alasan kedua mendukung Jokowi – KH Ma’ruf karena keberpihakan Jokowi terhadap e-commerce membuat dunia usaha menjadi bergairah. Meskipun Jokowi lahir dari masyarakat bawah, tapi Jokowi mampu melahirkan inspirasi Indonesian dream.

“Kemudian, alasan yang ketiga karena kerja nyata bapak Jokowi menumbuhkan fenomena jokowinomic. Fenomena ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan. Kalau kita jujur siapa yang peduli pada pembangunan di Papua dan perbatasan Kalimantan, tapi di era bapak Jokowi ini pembangunan merata sampai kesana. Tentu kondisi ini akan meningkatkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat,” katanya, menandaskan. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.