Partai Pengusung Prabowo Tak Hadiri Deklarasi Siap Kalah di Madura


Penanda tangannan perwakilan pengurus partai politik dalam deklarasi siap menang siap kalah bertema bertema “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat” di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

WARTAMADURA.COM – Sebagian Pengurus Partai Pendukung Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Unu tidak menghadiri deklarasi siap menang siap kalah pada pemilu 2019 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (23/9/2018).

Partai Pendukung Prabowo yang tidak menghadiri penanda tanganan siap menang dan siap kalah itu adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat. Hanya perwakilan pengurus dari Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan yang hadir dalam deklarasi itu.

“Sebenarnya semua pengurus partai politik peserta pemilu sudah kami undang,” kata Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi.

Sementara, perwakilan partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin, seperti perwakilan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golkar hadir dalam acara itu dan menanda tangani deklarasi bertema “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat” yang digelar Bawaslu Pamekasan itu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar Senam Awas Pemilu Bermartabat 2019 digelar di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (23/9/2018) dan diikuti oleh perwakilan partai politik peserta pemilu 2019 di wilayah itu.

“Senam Awas ini sebagai salah satu media yang kami gunakan untuk mengkampanyekan pelaksanaan pemilu 2019 agar berlangsung jujur, transparan dan bermartabat,” kata Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi.

Senam massal yang juga mengundang Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan dan para anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan bertema “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”.

Sebelum senam, terlebih dahulu digelar pananda tanganan bersama antara Bawaslu, Forpimda dan perwakilan pengurus partai politik peserta pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Pamekasan selanjutnya melepaskan balon berlambang semua partai politik peserta pemilu 2019 secara simbolis disaksikan Kapolres AKBP Teguh Wibowo, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah dan perwakilan pengurus partai politik di Pamekasan.

Ia juga mengajak semua elemen masyarakat ikut berperan aktif melakukan pengawasan agar pemilu bisa berlangsung jujur, bermartabat dan damokratis.

“Semua tahapan harus kita awasi bersama, demi terselenggaranya pemilu yang baik kedepan,” katanya, menjelaskan.

Menurut dia, saat ini tahapan pemilu 2019 telah memasuki masa kampanye dan akan berakhir hingga 12 April 2019.

Ketua Bawaslu Abdullah Saidi dalam kesempatan itu juga menyinggung dua kategori “golput” yang perlu diwaspadai, yakni pertama, golongan putih atau tidak mau menggunakan hak pilihnya.

“Kedua golongan pencari uang tunai. Yakni pemilih yang hanya berorientasi pada uang,” katanya, menjelaskan.

Oleh karenanya, sambung dia, institusi pengawas pemilu berkepentingan agar pelaksanaan pesta demokrasi 2019 nanti bisa berlangsung sesuai harapan, yakni bebas politik uang, berlangsung jujur, adil dan demokratis.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo mengapresiasi kegiatan yang digelar Bawaslu Pamekasan itu dan ia mengajak semua elemen masyarakat mendukung kegiatan itu. (Wm)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.