DPT Pilkada Ulang Sampang Belum Ditetapkan KPU


Anggota KPU Sampang Miftahur Rozaq.

WARTAMADURA.COM – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Sampang, Jawa Timur hingga kini belum menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pelaksanaan pilkada ulang yang akan digelar 27 Oktober 2018.

Menurut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sampang Miftahul Razak kepada wartawan Sampang, Jumat (21/9/2018), saat ini pihaknya masih melakukan validasi data calon pemilih.

“Kami memiliki waktu 14 hari untuk perbaikan data pemilih pilkada ulang di Sampang ini,” katanya, menjelaskan.

Menurutnya, perbaikan data pemilih ini akan dilakukan secara cermat dan hati-hati, mengingat data pemilih menjadi persoalan pada pilkada Sampang, sehingga Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pelaksanaan pemungutan suara ulang.

Menurut dia, pola perbaikan data pemilih pada pilkada ulang Sampang kali ini berbeda dengan sebelumnya.

“Perbedaannya pada setiap tingkatan baik di desa maupun di Kecamatan akan dilakukan uji publik untuk proses perbaikan DPT, dan uji publik tersebut nantinya akan di saksikan masyarakat, utamanya tim saksi dari pasangan calon bupati dan wakil bupati,” katanya, menjelaskan.

Sebelumnya, pada pilkada 27 Juni 2018, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Sampang, sebanyak 803.499 orang.

Perinciannya sebanyak 397.031 pemilih laki-laki dan sebanyak 406.468 pemilih perempuan. Mereka itu merupakan pemilih di 1.450 tempat pemungutan suara (TPS) di 180 desa dan 6 kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

Menurut Ketua KPU Sampang Syamsul Muatif, penetapan DPT itu dilakukan setelah institusi penyelenggara pemilu di berbagai tingkatan, yakni di tingkat kecamatan dan desa melakukan pengecekan data pemilih yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang telah diumumkan sebelumnya.

“Hasil dari pengecekan DPS itu, maka diperoleh data DPT sebagaimana yang telah ditetapkan KPU Sampang kali ini,” ujarnya, menjelaskan.

Jumlah DPT ini jauh lebih sedikit dibanding jumlah DPS yang diumumkan KPU Sampang sebelumnya.

Sebab, Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pilkada 27 Juni 2018 di Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang diumumkan KPU Sampang kala itu, sebanyak 839.436 orang, terdiri dari calon pemilih laki-laki sebanyak 414.928 orang dan calon pemilih perempuan sebanyak 424.408 orang.

“Dengan demikian, ada pengurangan sebanyak 35.957 pemilih,” ujar Syamsul, menjelaskan.

Pilkada di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ini diikuti oleh tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang yang akan berkompetisi pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.

Ketiga pasangan calon itu masing-masing H. Hisan dengan KH Abdullah Mansyur (Hisbullah), didukung Partai Demokrat (enam kursi) dan PAN (tiga kursi) sebanyak sembilan kursi.

Selanjutnya pasangan Calon Bupati Pamekasan H Slamet Junaidi-H. Abdullah Hidayat (Jihad) didukung Partai Nasdem (dua kursi), PKS (2 kursi), PDIP (dua kursi), dan PPP (tujuh kursi), total sebanyak 13 kursi.

Kemudian, Hermanto Subaidi dan Suparto didukung Partai Gerindra (delapan kursi), dan PKB (delapan kursi), sebanyak 16 kursi. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.