Uang Negara Rp35 Miliar Terbuang Percuma Akibat Ulah KPU Sampang


Demo massa di kantor KPU Sampang, memprotes buruknya kinerja KPU, sehingga harus digelar pilkada ulang.

WARTAMADURA.COM – Uang negara senilai Rp35 miliar terbuang percuma akibat ulah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Madura, Jawa Timur yang tidak becus menyelenggarakan pilkada pada 27 Juni 2018, sehingga Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan institusi itu menggelar pilkada ulang.

“Sangat jelas ini sebagai bukti tamparan telak atas kinerja KPU dan Bawaslu yang gagal total terhadap tahapan pemilu di Sampang, maka itu wujud konkrit tanggungjawab moril penyelenggara pemilu wajib meminta maaf kepada masyarakat,” kata Sidik berorasi di kantor KPU Sampang, Senin (17/9/2018).

Putusan MK memerintah agar KPU Sampang menggelar pilkada ulang, setelah ditemukan fakta di persidangan bahwa data pemilih yang digunakan KPU Sampang pada pilkada yang digelar 27 Juni 2018 tidak valid. Padahal, anggaran khusus pendataan atau validasi pemilih mencapai Rp1,2 miliar lebih.

Sidik dan para pengunjuk rasa lainnya juga meminta agar penggunaan dana pilkada di Kabupaten Sampang dipertanggungjawabkan kepada publik secara transpara, karena pelaksanaan pilkada ulang itu sama halnya dengan merampas hak rakyat miskin.

Sementara itu, pada Senin (17/9/2018), ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Sabu Bersih Sampang (Arbhes) berunjuk rasa di depan kantor KPU Jalan Diponegoro, Kelurahan Banyuanyar, Sampang.

Mereka mengkritik kinerja penyelenggara pemilu di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dalam melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati Sampang 2018 pada 27 Juni 2018.

Massa juga membakar keranda mayat yang sebelumnya digunakan untuk aksi teatrikal shalat jenazah sebagai simbol gagalnya kinerja KPU dan Bawaslu. (WM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.