UKM Bangkalan wajib terdaftar BPJS Ketenagakerjaan


Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Dr H Eddy Moeljono (empat dari kiri) bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Guguk Heru Triyoko (tiga dari kanan) dan penerima santunan dalam acara Workshop Manajemen IKM/UMKM di Gedung Rato Ebu Bangkalan (12/9/2018)

WARTAMADURA.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Madura menyelenggarakan acara Workshop Manajemen untuk IKM/UMKM se-Kabupaten Bangkalan, Rabu (12/9/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 150 pelaku UKM se-Bangkalan. Dalam acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Dr H Eddy Moeljono.

“Saya sangat mengapresiasi upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam mengumpulkan para UKM sekaligus mensosialisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi para pelaku UKM,” ujar Eddy.

Dalam acara yang didukung oleh Disperinaker Kabupaten Bangkalan tersebut, juga dikukuhkan kelompok IKM/UMKM yang diberi nama “Kuda Terbang” singkatan dari Kelompok UKM Daerah Terpadu Kabupaten Bangkalan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura Guguk Heru Triyoko mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk mensinergikan para pelaku UKM di Bangkalan.

“Dengan terbentuknya kelompok UKM diharapkan nanti perkembangan UKM di Bangkalan semakin maju dan dapat menciptakan peluang kerja”, ujar Guguk.

Manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi para pelaku UKM diantaranya ialah manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua.

“Para pelaku UKM tidak perlu khawatir jika terjadi resiko kecelakaan kerja, BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh biaya pengobatan sampai sembuh,” ujar Guguk.

“Selain itu apabila terjadi resiko meninggal dunia ahli warisnya akan mendapat santunan sebesar minimal Rp24 juta,” imbuhnya.

Selain dikukuhkan, para pelaku UKM juga diajarkan cara meningkatkan kualitas produk UKM mereka oleh Konsultan UKM Dinas Koperasi Propinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan komunitas Kuda Terbang.

“Nantinya diharapkan seluruh pelaku UKM di Bangkalan bisa dilindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan”, ujar Guguk. (Wm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.