Nur Fitriah Numpang Tenar di World Cleanup Day Pantai Talang Siring


Nur Fitriah, istri Bupati Sumenep, saat menjadi bidikan kamera.

WARTAMADURA.COM – Istri Bupati Sumenep Busro Karim, yakni Nur Fitriah Busro Karim numpang tenar, dengan memanfaatkan momen kegiatan bersih-bersih sampah se dunia atau World Cleanup Day (WCD) yang digelar komunitas masyarakat.

Nur Fitriah datang ke Pantai Talang Siring, seolah bekerja membersihkan sampah yang sebenarnya, seperti yang dilakukan kelompok masyarakat ini. Buktinya, ia hanya bersih-bersih hanya saat disorot kamera wartawan, dan setelah ini langsung berhenti.

Beberapa media memberitakan istri Bupati Sumenep ini seolah bekerja yang sebenarnya, bahkan yang bersangkutan juga disebutkan sebagai bakal calon legislatif pada pemilu legislatif 2019.

“Nur Fitriah Busyro terlibat dalam aksi sosial tersebut. Ia berbaur bersama relawan lainnya memungut sampah di sepanjang pantai wisata ini,”. Demikian berita salah satu media tentang kegiatan World Cleanup Day di Pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2018).

Padahal Nur Fitriah hanya memungut sampah di beberapa titik saja, dan terkesan hanya memenuhi kebutuhan gambar dokumentasi saja. Saat Nur Fitriah memungut sampah, juru kamera dari sejumlah media langsung mengambil momen itu, seolah perempuan cantik bekerja sebenarnya, sebagaimana pekerja lainnya.

Media juga menjadikan perempuan sebagai sumber berita utama, sehingga seolah-olah Nur Fitriah yang mengomandani ratusan orang lainnya membersihkan sampah di pantai itu.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengurangi sampah plastik serta selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama pantai,” katanya, seperti dilansir beberapa media.

Sejumlah analis media di Madura menilai, Nur Fitriah memang terkesan datang untuk memanfaatkan momentum menarik tersebut, karena ia berpandangan pasti akan diliput media. Sebab, tema tentang lingkungan hidup merupakan tema yang menarik dan menjadi perhatian dunia, sehingga pasti diberitakan oleh media massa.

Sementara itu, kegiatan bersih-bersih pantai di Talang Siring, Pamekasan itu, dalam rangka memperingati hari bersih sampah se dunia atau World Cleanup Day (WCD).

Ratusan orang dan instansi pemerintah terlibat dalam aksi sosial ini, mulai tingkat desa, camat, TNI, Polri, Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pendidikan, siswa dari berbagai sekolah serta sejumlah relawan dari berbagai wilayah di Madura.

Panitia pelaksana kegiatan ini, Yoyonk menuturkan, para relawan dan peserta kegiatan sosial ini berhasil menyisir dan mengumpulkan sampah yang tersebar di sepanjang pantai Talang Saring ini.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini sebelumnya telah digelar di pantai Suramadu Bangkalan, Pantai Pulau Mandangin Sampang dan juga Pantai Sembilan Sumenep.

“Hari ini sasaran kita adalah Pantai Talang Siring Pamekasan, dan akan terus berlanjut ke pantai lainnya di Madura,” katanya. (WM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.