Angka Putus Sekolah di Madura Masih Tinggi


WARTAMADURA.COM – Angka putus sekolah di Bangkalan cukup tinggi. Pada tahun ajaran 2017/2018, jumlah putus sekolah mencapai ratusan siswa. Dinas Pendidikan (Disdik) setempat tidak tinggal diam menyikapi masalah tersebut.

Salah satunya melalui sosialisasi yang gencar dilakukan. Hasilnya, permasalahan tersebut sedikit demi sedikit bisa ditekan.

Plt Kepala Disdik Bangkalan Bambang Budi Mustika menyampaikan, banyak faktor yang menyebabkan anak putus sekolah. Diantaranya pernikahan dini. Keadaan ini lumrah terjadi di kalangan masyarakat desa. Selain itu, ikut orang tua merantau.

”Faktor yang paling dominan yakni nikah dini. Faktor lainnya bisa karena kemiskinan. Di daerah tertentu ada yang masih kecil sudah bekerja,” katanya, Jumat (14/09/2018).

Rata-rata lama sekolah pada tahun ajaran 2017/2018 yakni 8,14 tahun. Sedangkan pada tahun ajaran 2016/2017 lama sekolah 8,09 tahun. Kemudian, pada tahun ajaran 2015/2016 hanya 8,04 tahun. Artinya, banyak siswa tidak tamat SMP karena masa pendidikan SD hingga SMP butuh 9 tahun. ”Ada peningkatan lama sekolah dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Bambang, partisipasi pendidikan masyarakat meningkat. Khususnya untuk pendidikan jenjang PAUD. Dia menyebutkan, upaya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan salah satunya dengan melakukan pendekatan. Diantaranya mengadakan program kejar paket.

”Kami juga gencar menyosialisasikan agar orang tua mengantarkan anak ke sekolah. Khususnya jenjang PAUD dan SD,” ungkapnya.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan menyebutkan, jumlah putus sekolah mencapai 203 siswa. Putus sekolah jenjang SD 116 siswa dengan persentase 0,11 persen. Kemudian, jenjang SMP 87 siswa dengan persentase 0,24 persen. (WM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.