Kholilurrahman dan Anggota DPRD Jatim 2004-2009 Segera Dipanggil Kejati


WARTAMADURA.COM – Terkait kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) senilai Rp200 miliar, Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akan memanggil semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jatim 2004-2009 yang. Jumlahnya lebih dari 100 orang. Demikian dilansir detik.com.

Salah satu dari 100 orang anggota DPRD Jatim pada periode itu adalah KH Kholilurrahman, anggota DPRD asal Kabupaten Pamekasan sebelum yang bersangkutan menjabat sebagai Bupati Pamekasan periode 2008-2013.

Hal ini dilakukan guna melengkapi keterangan dari penyidikan kasus penyelewengan dana hibah tersebut. Kepala Kejati Jatim Sunarta mengatakan hingga kini proses pemeriksaan masih terus berjalan. Namun dirinya masih perlu keterangan anggota dewan lainnya.

“Sampai sekarang masih berjalan, bila perlu semua anggota dewan kita undang, supaya lengkap (keterangannya),” ujar Sunarta ditemui di Kejati Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (7/9/2018).

Meski telah menangkap dalang kasus ini, dr Bagoes Soetjipto, namun penyidik masih belum menetapkan tersangka lainnya. Sunarta menambahkan penyidik tidak bisa menetapkan tersangka hanya berdasarkan keterangan dr Bagoes saja.

Sunarta menambahkan, sebelumnya, belasan anggota DPRD Jatim tahun 2004-2009 sudah diperiksa beberapa waktu lalu. Mereka dipanggil berdasarkan kesaksian dr Bagoes.

“Kalau perlu yang sudah diundang, kita undang lagi. Tapi sekarang yang belum dulu, siapa tahu dari mereka bisa dikorek,” lanjutnya.

Selain mengumpulkan saksi, Sunarta mengatakan pihaknya juga akan mengkaji dokumen P2SEM. Hal ini untuk mencocokkan keterangan dari saksi. Tak hanya itu, Sunarta menambahkan pekan lalu pihaknya yelah bekerjasama dengan pihak perbankan untuk melacak kemana aliran dana P2SEM.

Dalam hal ini, Sunarta berharap adanya bantuan dari semua pihak yang mengetahui kasus ini untuk melaporkan dan menyerahkan data. Termasuk mantan terpidana P2SEM yang tergabung dalam Tim Ranjau 9 bentukan almarhum Fathorrasjid.

“Kalau ada datanya (Tim Ranjau 9), silakan serahkan ke kami,” tandasnya. (WM).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.