India Akan Bangun Patung Raksasa Terbesar di Dunia Senilai Rp15 Triliun


WARTAMADURA.COM – Negara India saat ini sedang melaksanakan pembangunan dua buah patung raksasa yang akan menjadi patung terbesar di dunia dengan nilai total anggaran mencapai Rp15 triliun.

Patung raksasa setinggi 182 meter ini didirikan untuk mengenang pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, didirikan di negara bagian Gujarat.

Dibangunnya patung yang volumenya dua kali lebih besar dari Liberty ini juga langsung meruntuhkan rekor patung tertinggi di dunia yakni Buddha di China setinggi 128 meter.

Namun patung Sardar Vallabhbhai Patel bakal dikalahkan lagi oleh patung sesama India, Chhatrapati Shivaji, seorang raja yang hidup pada abad ke-17.

Patung Chhatrapati Shivaji bakal setinggi 212 meter yang diperkirakan selesai dibangun pada tahun 2021.

Untuk patung di Gujarat, sebanyak 2.500 pekerja, termasuk beberapa ratus orang berasal dari China, kini bekerja keras siang malam agar patung itu bisa diresmikan PM Narendra Modi pada 31 Oktober mendatang.

Menurut Modi, seperti dilansir kompas.com, memprediksi, kedua patung itu bakal menyedot turis domestik maupun non domestik.

Namun pembangunan patung ini sarat dengan muatan politik.

Sardar Vallabhbhai Patel adalah wakil dari perdana menteri pertama India Jawaharlal Nehru setelah India merdeka pada 1947.

Dan partai Bharatiya Janata pimpinan PM Modi memandang nama Patel selama ini tenggelam dan menjadi bayangan dinasti Nehru yang amat dominan dalam dunia politik India.

“Setiap warga India menyesali mengapa Sardar Patel tidak menjadi perdana menteri pertama India,” kata Modi dalam kampanyenya pada parah.

Modi sengaja membangun kedua patungtersebut untuk meraup suara dalam pemilu India mendatang melawan dinasti Nehru.

Terlebih anggaran Rp 15 triliun untuk dua buah patung amatlah mahal mengingat banyak masyarakat India yang hidup di garis kemiskinan parah. (WM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.