Pungli di IAIN Madura Ternyata Senilai Rp45.520.000


Mahasiswa baru IAIN Madura saat berunjuk rasa memprotes praktik pungli penyelenggaran program PBAK di kampus itu.

WARTAMADURA.COM – Nilai pungutan liar (pungli) pada program Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang terjadi di Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura itu ternyata mencapai Rp45.520.000.

“Sebab total jumlah mahasiswa baru sebanyak 2.276 orang dan pungutan yang ditarik oleh pantia penyelenggara program sebesar Rp20 ribu perorang, sehingga total sebesar Rp45.520.000,” kata juru bicara mahasiswa Syaiful Anam (Syaiful Petuah) dalam keterangannya kepada media di Pamekasan, Minggu (2/9/2018).

Pungli pada program PBAK itu dilakukan oleh panitia penyelenggara dan diduga masuk kantor pribadi, bukan untuk kepentingan kampus. Sebab Wakil Rektur III IAIN Madura Mohammad Hasan sebelumnya menyatakan, PBAK itu merupakan program paket bagi mahasiswa baru, dan tidak ada pungutan lagi.

Pihak rektorat juga mengaku, tidak pernah memerintah pada panitia penyelenggara PBAK untuk menarik sumbangan, dan oleh karenanya, pihaknya berjanji akan mengusut tuntas kasus tersebut dan memberi sanksi pada para pihak yang terbukti melakukan pungutan.

Sebelumnya, Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pasca Reformasi (GEMPAR), menggelar aksi terkait dugaan pungli sebesar Rp20 ribu kepada masing-masing maba saat PBAK yang digelar pada 14 hingga 17 Agustus 2018, Kamis (30/8).

Koordinator aksi Syaiful mengaku sangat kecewa terhadap praktik pungli yang terjadi pada maba. Menurutnya, sebagai kampus dengan jargon islam, serta sudah difasilitasi secara penuh oleh negara, praktik pungli semacam itu tidak harus terjadi.

Ia juga menegaskan, akan mempidanakan Rektor IAIN Madura, apabila pungli kepada mahasiswa baru itu tidak dikembalikan, dengan cara melaporkan kasus itu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan. (WM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.