Blogger Se-Indonesia Ekspose Batik Tulis Klampar


blogger-pwiWARTAMADURA.COM – Sekitar 50 orang blogger dari sejumlah daerah di Indonesia mengunjungi sentra batik tulis di Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan, Kamis (24/11/2016), guna mempublikasikan potensi lokal di wilayah itu melalui media blog.

Menurut Sekretaris Asosiasi Batik Tulis dan Bordir Pamekasan Ahmadi, mereka sengaja didatangkan oleh Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) untuk menulis potensi wisata dan budaya yang ada di Madura.

“Mereka ini dan di Pamekasan mengekplorasi potensi batik tulis yang ada di Desa Klampar itu,” kata Sekretaris Asosiasi Batik Tulis dan Bordir Pamekasan Ahmadi kepada Antara di Pamekasan, Kamis sore.

Ahmadi menjelaskan sebelum ke Pamekasan, para blogger yang berjumlah 50 orang itu terlebih dahulu mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sumenep seperti Giliyang.

“Ada satu bus dan beberapa mobil rombongan blogger yang datang ke Desa Klampar, Kecamatan Proppo tadi, serta sejumlah pejabat BPWS yang mendampingi mereka,” tutur Ahmadi.

Di Klampar, para blogger memotret aktivis para pembatik, mulai dari awal hingga pengeringan.

Desa Klampar dipilih menjadi tujuan kunjungan para blogger, karena memang merupakan tempat kerajinan batik tulis terbanyak di Pamekasan.

Selain memotret kegiatan membatik para pengrajin batik tulis di desa itu, para blogger itu juga melakukan wawancara dengan pengrajin dan pengusaha terkait kendala yang dialami dalam memasarkan batik tulis.

Hampir semua ibu rumah tangga di desa itu menjadi pengrajin batik tulis, bahkan di desa ini juga telah didirikan Sekolah Menangah Kejuruan (SMK) membatik yang ada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam. (WM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.