Stadion Pamekasan Bernama “Gelora Ratu Pamelingan”


WARTAMADURA.COM – Bupati Pamekasan akhirnya memberi nama stadion yang baru diresmikan pada 18 November 2016 itu dengan nama “Gelora Ratu Pamelingan/GRB”.

Dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada media, bupati menjelaskan, nama “Ratu Pamelingan” ini merupakan nama Ratu di masa kerajaan yang keturunannya menjadi raja Islam pertama di Pamekasan yakni Panembahan Ronggosukowati.

Penetapan nama “Gelora Ratu Pamelingan” untuk stadion baru yang terletak di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan Pamekasan itu, setelah orang nomor satu di lingkungan pemkab itu, meminta pertimbangan dan masukan kepada ahli sejarah dan budayawan Pamekasan, Selasa (22/11/2016) pagi.

“Ini dilakukan, menyusul banyaknya masukan dari masyarakat penggemar sepak bola di Pamekasan yang menginginkan agar nama stadion mudah diucapkan, memiliki nilai jual dan populer,” katanya.

Sebelumnya saat peresmian pemkab mengumumkan nama stadion itu dengan nama “Stadion Pamellengngan”. Yakni beralasan dari kata ” melleng” yang berarti bertafakur atau bersemedi.

Nama Pamellengngan merupakan nama tempat kala itu, yang dijadikan tempat bersemedi oleh Aryo Mengo, untuk mendapatkan keturunan.

Namun, nama itu menuai protes masyarakat di berbagai jejaring sosial, sehingga bupati mengundang kembali tim ahli sejarah Pamekasan dan budayawan setempat, meminta masukan agar nama stadion lebih familiar.

“Dari hasil pertemuan tadi itulah, maka tim mengusulkan agar sebaiknya memberi nama tokohnya saja yakni Ratu Pamelingan, dan saya setuju nama itu,” terang bupati.

Dengan demikian, maka nama Stadion Pamekasan itu adalah “Gelora Ratu Pamelingan/GRM”.

Nama stadion ini akan diumumkan kepada publik secara terbuka, Rabu (23/11) dengan memampangkan nama berupa spanduk dan baliho di stadion baru itu. (wm-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.