Dandim Awali Kuliah Wawasan Kebangsaan dengan Riwayat Hidup


WARTAMADURA.COM – Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto mengawali kuliah wawasan kebangsaan di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan dengan bercerita mengenai riwayat hidup dirinya.

Dalam kuliah wawasan kebangsaan bertema “Mengkaji Berbagai Ancaman yang Ada di Indonesia Saat ini dan di Masa Yang Akan Datang” itu, Dandim menuturkan, bahwa dulu ia juga merupakan orang susah.

“Saya anak petani, dan Alhamdulillah dengan perjuangan, ikhtiar dan doa saya bisa begini,” ucap Dandim.

Selanjutnya Dandim memuli materi kuliah wawasan kebangsaan dengan mengupas arahan panglima TNI yang tujuannya adalah menjaga legalitas dan menjaga kewaspadaan untuk pertahanan bangsa ini serta melakukan deteksi dini hal-hal yang kemungkinan akan terjadi.

“Sebenarnya kita ini termasuk bangsa yang lengah dalam berbagai hal terutama masalah pertahanan, semua itu bisa terjadi karena kita merasa tidak punya musuh, merasa aman – aman saja karena tidak ada perang, padahal itu adalah asumsi yang salah karena sebenarnya kita sudah terjajah dalam segi mental dan ideologi,” katanya.

Selanjutnya secara detail Dandim memaparkan berbagai ancaman yang mungkin terjadi, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, maupun ideologi bangsa. (WM-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.