Penyempitan Luas Lahan Tantangan Produksi Padi


WARTAMADURA.COM – Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Timur Dr Ir Cendy Tafakkristo M.p menyatakan, penyempitan luas areal lahan pertanian menjadi tantangan untuk meningkatkan hasil produksi pangan, khususnya tanaman padi.

“Tantangan yang dihadapi saat ini adalah makin berkurangnya luas lahan baku sawah akibat alih fungsi lahan,” kata Cendy.

Saat menyampaikan sambutan dalam acara “Sosialisasi Inovasi Teknologi Budidaya Padi Gogo dan Jarwo Super” di Makodim 0826 Pamekasan, Rabu (9/11/2016) Cendy menjelaskan, dalam program tanam padi, jagung dan kedelai tahun 2016 Jawa Timur ditargetkan bisa memproduksi padi sebanyak 13.378.915 ton.

Sementara sekitar 333.500 hektare diantaranya merupakan lahan kering. Maka untuk mendukung keberhasilan usaha tani, terutama pada padi gogo dilahan kering diperlukan adanya penerapan teknologi budidaya yang tepat dan efisien.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pamekasan Isye Windarti menjelaskan, Jawa Timur mempunyai peran dan posisi yg strategis terkait dengan pangan nasional.

Kontribusi Jawa Timur terhadap kebutuhan beras nasional sekitar 19 persen, dan jagung berkontribusi sekitar 30 persen.

“Khusus untuk padi peningkatan produksi selain dilakukan melalui peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman, juga melalui perluasan areal tanam di lahan kering yaitu padi gogo,” kata Isye.

Menurutnya, perluasan dan pengembangan padi gogo di Jawa Timur sangat potensial mengingat luas baku lahan kering lebih luas di bandingkan luas baku sawah. Pengembangan usaha tani padi gogo, kata dia, memang memerlukan inovasi tekKnologi.

“Dan saya berharap menjadi acuan dalam melaksanakan usaha tani padi gogo di Madura Jawa Timur khususnya Kabupaten Pamekasan,” ucap Isye Windarti. (WM-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.