TNI Pamekasan Ikuti Bimbingan Mental


WARTAMADURA.COM – Semua anggota prajurit TNI dari Kodim 0826 Pamekasan, Senin (7/11/2016) mengikuti bimbingan mental dengan menghadirkan tokoh ulama asal Kecamatan Palengaan, Pamekasan.

Namanya jam komandan, yakni kegiatan yang digelar secara khusus bagi semua anggota TNI untuk mengikuti wejangan-wejangan dan ceramah keagamaan yang juga disampaikan oleh prajurit TNI.

Kegiatan Jam Komandan dan Pembinaan Mental kepada Anggota Militer, PNS dan Persit merupakan Bintal Fungsi Komandan serta bagian dari tugas Pembinaan Personil di Satuan Kodim 0826/Pamekasan.

Hadir dalam kegiatan Acara Jam Komandan dan Ceramah Keagamaan antara lain, Kasdim 0826/Pamekasan Mayor Inf Atjep Hindarsjah, KH Abdul Sattar Ketua MUI Kecamatan Palengaan selaku penceramah, Para Danramil dan Pa Staf Kodim 0826/Pamekasan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 Kodim 0826/Pamekasan Ny. Nuryanto beserta Pengurus, dan Anggota Militer, PNS dan Ibu-ibu Persit sebanyak 300 orang.

Dandim 0826/Pamekasan dalam sambutannya yang disampaikan Kasdim 0826/Pamekasan Mayor Inf Atjep Hindarsjah menyampaikan ucapan terima kasih Kepada KH Abdul Sattar atas kesediaannya meluangkan waktu dalam melaksanakan ceramah keagamaan di Makodim 0826/Pamekasan.

“Terima kasih juga kepada semua anggota militer dan Ibu Persit untuk menghadiri kegiatan ini, sekaligus menghimbau agar kiranya kebersamaan ini tetap di bina dan ditingkatkan demi terlaksananya kegiatan secara Istiqomah. Karena kegiatan ini sangat penting sebagai wahana untuk menyegarkan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan agar kita dapat menjalani hidup dan kehidupan pada jalan yang benar di Ridhoi Allah SWT,” katanya.

Kegiatan Bintal ini merupakan Bintal Fungsi Komandan bagian dari tugas pembinaan personel yang meliputi Bintal Kejuangan, Bintal Rohani dan Bintal Keprajuritan yang dilaksanakan secara terus menerus guna mewujudkan sosok prajurit yang siap melaksanakan tugas baik tugas OMP maupun OMSP.

Sebagai tindak lanjut dalam pembinaan mental Kodim 0826/Pamekasan melaksanakan kegiatan ceramah keagamaan kepada Prajurit dan keluarganya guna mewujudkan sosok Prajurit yang disiplin dan profesional dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap tindak tanduknya.

Sementara, KH Abdul Sattar dalam kesemparan itu menyatakan, Islam itu Rahmatan Lilalamin senantiasa mengajarkan Rasa Kasih Sayang, Islam tidak identik dengan teroris dan kejahatan yang disangkakan oleh khalayak umum saat ini.

“Islam mengajarkan dan menganjurkan hubungan yang harmonis antara Manusia dengan Allah SWT dan hubungan sesama antar Umat,” katanya.

Empat Pondasi dalam membangun Pemerintahan yang Kokoh penting dilakukan, yakni Ilmu yang bermanfaat dari Ulama, adilnya pemerintah, Pemurahnya orang-orang yang kaya, doanya orang-orang yang Fakir.

“Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT turun ke bumi untuk memperbaiki Akhlaq dan Moral Umatnya,” kata kiai itu.

Akhlaq, Etika, dan Moral saat ini sudah tidak ada dalam hati setiap umat, untuk itu setiap perbuatan yang kita lakukan senantiasa dilandasi dengan Rasa Kasih Sayang .

Kiai ini mengharapkan agar membina Etika dan Kesopanan dalam Keluarga, tanamkan Akhlaq yang baik dan Kejujuran pada anak-anak kita, jadilah Ibu yang bijaksana jangan didik anak-anak dengan hal-hal yang buruk.

Mengingatkan dengan cara yang santun, kembalikan ke Akhlaqul qorimah, dididik dengan hati bukan dengan otak.

Indonesia, kata dia, akan menjadi lebih baik dengan perbaikan Moral, sangat menyayangkan pendidik moral Pancasila dan Budi pekerti tidak ada lagi dalam kurikulum sekolah.

“Prajurit khususnya TNI sebagai ujung tombak dalam membangun moral Bangsa yang sudah memudar, jangan sampai terpengaruh dengan degradasi moral yang sudah merongrong anak bangsa demi tegaknya NKRI,” pesan Kiai Sattar. (wm-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.