Pemkab Se-Madura Gelar MoU Pemasaran Batik Madura


WARTAMADURA.COM – Pemerintah Kabupaten dari empat kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, menggelar kontak kesepahaman (MoU) pemasaran batik tulis Madura di Jakarta.

“Dengan adanya MoU ini, maka batik tulis Madura nantinya akan memiliki galeri di Jakarta, yakni di Pasar Tanah Abang,” kata Bupati Pamekasan Achmad Syafii.

MoU pemasaran batik tulis Madura ini digelar di sela-sela acara pagelasan seni budaya Madura dalam acara “Semalam di Madura” di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Sabtu (29/10/2016) malam.

MoU digelar bersama Pembina Koperasi Fajar Tujuh Sejahtera dan Koperasi Bina Insan Tanah Abang Jakarta.

Dari pihak Pemkab Pamekasan ditanda tangani langsung oleh BUpati Pamekasan Achmad Syafii, dan demikian juga dari Pemkab Sumenep, yakni oleh Bupati Busyro Karim. Sedangkan Bupati Bangkalan dan Sampang diwakilkan.

MoU empat kabupaten dengan pengurus dan pembina koperasi di Tanah Abang Jakarta.

MoU empat kabupaten dengan pengurus dan pembina koperasi di Tanah Abang Jakarta.

Penanda tanganan kontrak kerja sama dalam hal pemasangan batik tulis Madura ini disaksikan oleh anggota DPR RI MH Said Abdullah dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Pamekasan Djon Yulianto.

Usai penanda tanganan, Bupati Achmad Syafii selanjutnya membuka acara pagelaran seni budaya Madura yang ditandai dengan pemukulan gong.

“Pagelan seni budaya tradisional Madura ini, untuk melestarikan seni budaya Madura,” kata Achmad Syafii.

Beragam jenis kesenian tradisional dipentaskan pada pagelaran seni budaya Madura dari empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

“Tari Paraban Sondheng” yakni tari tradisional yang biasa dipentaskan untuk menyambut kedatangan tamu, mengawali pertunjukan dan dilanjutkan dengan pementasan teater perjuangan masyarakat dan ulama Madura dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beragam jenis batik tulis di Pulau Madura juga diperagakan, mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga Kabupaten Sumenep. (WM-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.