Babinsa di Pamekasan Beri Wawasan Kebangsaan


WARTAMADURA.COM – Babinsa Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, Madura, membina siswa SMK Putra Bangsa di desa itu tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, Jumat (30/9/2016).

Sebanyak 30 orang siswa dari kelas XI yang terdiri dari 16 orang siswa dan 14 orang siswi mengikuti kegiatan itu dengan antusias.

“Bina wawasan kebangsaan ini sebagai salah upaya yang kami lakukan untuk menanamkan sikap patriotisme dan rasa memiliki di kalangan pelajar terhadap bangsa dan negara ini,” kata Babinsa Waru Barat Serda Suhermono.

Dalam kesempatan itu, Babinsa menyampaikan sejumlah tema materi pembinaan kepada siswa. Antara lain sejarah perjuangan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan banga ini, pentingnya sikap disiplin, patuh pada kedua orang tua, dan pentingnya menghargai perbedaan antarsesama.

Dimulai dengan materi sejarah perjuangan bangsa, Babinsa ini menjelaskan, bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia bisa diraih berkat kekompakan semua pihak, baik dari kalangan tua, muda dan prajurit pejuang kala itu.

Sikap kompak dan saling gotong royong, menurut dia, merupakan modal dasar untuk memperkuat bangsa ini dalam menghadapi rongrongan penjajah. “Sikap kompak dan gotong royong ini ibarat sapu lidi,” ucap Suhermono.

Jika hanya satu lidi, maka akan mudah terpatahkan. Tapi jika berkumpul menjadi satu, maka akan sulit untuk dipatahkan oleh siapapun. “Bersatu padu dan tidak bercerai berai sejatinya merupakan inti kekuatan bangsa ini,” kata dia.

Oleh karenanya, sambung Suhermono, persatuan dan kesatuan dengan tetap menghargai perbedaan harus tetap terjadi, karena hal itu merupakan modal pokok kekuatan bangsa Indonesia yang sebenarnya.

Para siswa kelas XI yang mengikuti pembinaan wawasan kebangsaan ini, terlihat sangat antusias menyimak kata perkata penjelasan Babinsa Serda Suhermono itu. Selain mampu menyampaikan materi dengan semangat dan penuh keyakinan, juga karena penyampaian materi diselisi dengan gurau, yang menyebabkan suasana nampak lebih akrab.

Dibagian akhir materinya, Babinsa ini juga tidak lupa mengingatkan, bahwa, selain kekompakan, yang juga harus diperhatikan adalah pentingnya sikap hormat kepada kedua orang tua dan orang yang lebih tua.

“Hormat dan patuh pada kedua orang tua itu, bukan hanya ajaran etika, akan tetapi juga merupakan ajaran agama,” katanya.

Usai menyampaikan materi tentang sejarah perjuangan bangsa dan etika itu, Babinsa Serda Suhermono selanjutnya mengajarkan para siswa itu tentang

pelatihan baris berbaris meliputi, dasar sikap sempurna, sikap istarahat, gerakan berjalan dan penghormatan.

“PBB ini perlu saya perkenalkan, karena memiliki nilai filosofis tentang kekompakan dalam sebuah tim dan rasa kebersamaan antarsesama teman yang memiliki tujuan yang sama pula,” katanya, menjelaskan. (WM-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.