BPJS Ketenagakerjaan Gelar Gerebek Pasar di Sumenep


WARTAMADURA.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Madura kembali menggelar acara Gerebek Pasar, kali ini berlokasi di Pasar Anom Sumenep Madura dengan sasaran para pedagang disana.

Marketing Officer BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Sumenep Wisnu Alfaristha di Sumenep Sabtu (28/8/2016) mengatakan, salah satu cara untuk membidik pedagang pasar adalah dengan memberikan sosialisasi dan edukasi supaya mereka paham terlebih dahulu, baru mendaftar. Karna program ini banyak manfaatnya bagi para pedagang pasar, ujarnya.

Ia menjelaskan, jika pedagang tersebut mengalami kecelakaan ketika berangkat atau pulang ke pasar tentunya biaya pengobatan akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan hingga sembuh. Bahkan jika sampai tidak bisa bekerja karena harus dirawat inap, BPJS Ketenagakerjaan akan mengganti gaji bulanan mereka sehingga tidak putus penghasilannya.

Selain itu, juga ada bantuan Beasiswa sebesar Rp12.000.000 dimana beasiswa diberikan kepada anak tenaga kerja ahli waris yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja atau cacat total tetap, dan meninggal dunia biasa minimal lima tahun mengikuti BPJS ketenagakerjaan

Nantinya apabila mendaftar, para pedagang pasar tersebut akan masuk dalam program Bukan Penerima Upah (BPU) karena tergolong pekerja nonformal. Iuran yang ditarik dari program BPU mulai hanya Rp16.800/bulan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, cukup terjangkau bagi pedagang pasar.

Wisnu berharap, seluruh pekerja di Pasar Anom Sumenep mulai dari pedagang, kuli angkut, tukang becak, tukang parkir, semuanya dapat mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan Program Bukan Penerima Upah (BPU). (Humas BPJS Ketenagakerjaan Madura/Moh Rizal Rizki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.