Fakta Unik Sebagian Kiai Madura


Madura dikenal dengan etnik yang sangat religius, karena banyak lembaga pondok pesantren di pulau itu. Banyak ulama atau kiai di Pulau Madura. Bagi masyarakat di pulau ini, kiai merupakan tokoh yang dihormati, karena diyakini berakhlaq mulia, taat beribadah dan diyakini jauh dari perbuatan munkar.

Itu dulu. Namun, akhir-akhir ini, justru mencuat di berbagai pemberitaan media, tentang kiai-kiai nyelenih, entah berpoligami dengan cara yang tidak benar atau melanggar ketentuan hukum positif yang berlaku, hingga ada yang dikabarkan berbuat mesum.

KH Kholilurrahman, Pamekasan, Madura. (Foto: Jatimtimes.com)

Kiai Haji Kholilurrahman adalah salah satu kiai yang sempat diberikan di beberapa media karena memalsu surat keterangan kematian istri tuanya Roihana Kholil saat hendak menikah dengan istri mudanya Eriska Dewi Kusnanda. Seperti yang dilansir situs surabayapagi.com pada 18 Oktober 2011.

Situs ini memberitakan, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (PHMI) berunjuk rasa ke Mapolda Jatim meminta polisi mengusut kasus pemalsuan identitas dan surat-surat Bupati Pamekasan, KH. Kholilurrahman.

Konon, kasus ini sudah dilaporkan pada 2007 lalu akan tetapi, hingga tahun 2012 belum ada tindak lanjutnya, sehingga pengunjuk rasa perlu datang ke Mapolda untuk mempertanyakan kelanjutan kasus kiai unik asal Pamekasan itu.

Kasus yang dialami KH. Kholilurrahman, demikian berita dalam situs itu, bermula dari perkenalan Eriska Dewi Kusnanda di Galaksi Mall pada 2003 silam. Berawal dari perkenalan inilah akhirnya Bupati Pamekasan ini memiliki hubungan dekat dengan Eriska.

Kiai Haji Kholilurrahman saat menjabat sebagai Bupati Pamekasan. (Foto; Polres Pamekasan)

Untuk memuluskan niatnya menikahi Eriska Dewi Kusnanda, Kholilurrahman memalsukan identitasnya dengan alasan duda mati. Padahal, istri pertamanya yang bernama Rohyana masih hidup. Anehnya, muncul surat keterangan kematian atas nama istrinya dari Desa Kemiri Gede Kabupaten Blitar.

Dalam surat keterangan Kemiri Gede tersebut juga menyebutkan kalau Kholilurahman merupakan duda mati. Pada 2007 muncul surat kematian yang menjelaskan bahwa Kholirrahman telah meninggal. Surat ini, yang menjadi dasar, sang kiai berpisah dengan istri mudanya Eriska Dewi Kusnanda.

Saat menikah dengan Eriska itu, Kiai Kholil mengubah namanya menjadi Kholidurohman atau lengkapnya KHOLIDUROHMAN BIN H. HASAN (ALM).

Uniknya, lagi, setelah sempat dituding membuat surat kematian palsu atas istri pertamanya Nyai Roihana, untuk menceraikan istri mudanya Eriska Dewi Kusnanda, sang kiai asal ini, justru dikabarkan meningkat dunia di melalui jejaring sosial facebook. Seperti dilansir situs jatimtimes.com, pada 2 April 2016.

Kiai Haji Kholilurrahman dikabarkan meninggal dunia oleh facebooker (Foto: Jatimtimes.com)

Namun kabar kematian Kiai ini, tidak berlangsung lama, karena facebooker lain segera meluruskan, bahwa kabar itu tidak benar.

Kiai Masyurat

Kiai yang masuk kategori unik di Madura adalah Kiai Masyurat, asal Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

Sebagaimana Kiai Kholilurrahman yang terkenal di media karena beristri lagi, Kiai Masyurat ini juga dikenal dan menjadi sorotan media karena istri-istrinya.

Tapi, kasusnya bukan karena memalsu dokumen, akan tetapi, karena jumlah istrinya lebih dari ketentuan syariat, yakni empat orang.

RCTI memaparkan secara terinci bagaimana prilaku hidup Kiai yang beristri lebih dari sembilan ini, dalam link Youtobe berikut ini:

Itulah fakta kiai unik di Madura, dan tentunya kiai semacam ini, hanya sebagian saja, dan bukan kebiasaan keseluruhan Kiai di Pulau Madura. (Dirangkum dari berbagai media)

Baca Tulisan Lainnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.