95 Anak di Sampang Menderita Gizi Buruk


GIZI-BURUK-WMWARTAMADURA.COM – Sebanyak 95 anak di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terdata menderita gizi buruk selama 2015. Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan setempat, Siti Hajar Dewantari mengatakan para penderita gizi buruk ini umumnya berusia antara usia 0 hingga 5 tahun.

Menurutnya, jumlah ini tergolong masih sangat tinggi. “Karena harapan pemerintah anak menderita gizi buruk tidak ada lagi,” katanya, seperti dilansir situs republika.co.id, Jumat (18/12/2015).

Hanya saja, jika dibanding pada 2014, angka anak yang menderita gizi buruk di Sampang itu jauh lebih rendah. Dewantari mengatakan pada 2014 angka gizi buruk di Sampang mencapai 144 orang, tersebar di 14 kecamatan yang ada di wilayah itu.

Ia menjelaskan, pemkab melalui Dinkes Sampang akhirnya membuat program khusus, yakni memberikan bantuan gizi kepada anak-anak balita dan ibu hamil melalui pos pelayanan terpadu (posyandu) yang ada di masing-masing desa. “Program itu memberikan makanan tambahan, seperti makanan ringan bergizi dan susu, serta telur,” katanya.

Hasilnya, dia mengatakan memang cukup dirasakan, yakni terjadi penurunan angka gizi buruk dari tahun lalu sebanyak 144 orang menjadi 95 orang pada 2015 ini. Program lain yang dicanangkan pemerintah untuk menekan angka gizi buruk ialah program keluarga harapan (PKH). Program ini memberikan bantuan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi ibu-ibu hamil.

Selain itu Dinkes juga gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya makan makanan bergizi bagi para ibu-ibu hamil dan menyusui.

Selama tiga tahun terakhir ini, angka penderita gizi buruk di Kota Bahari itu memang menunjukkan penurunan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan setempat pada 2013 jumlah penderita gizi buruk di Kabupaten sebanyak 200 orang, pada 2014 sebanyak 144 orang dan pada 2015 menurun lagi, yakni hanya 95 orang. (Rep/MM/WM)

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.