Ratusan Ribu Simpatisan Muhammadiyah Tumpah di Karebosi


MUHAMMADIYAH-KE-47MAKASSAR (WARTAMADURA.COM) – Ratusan ribu simpatisan Muhammadiyah memadati lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan guna mengikuti pembukaan Muktamar Muhammadiyah ke-47 dan Muktamar Aisyiyah satu abad.

“Sekitar 300 ribuan lebih untuk penggembira dan 7.000 orang peserta tumpah di tempat ini,” sebut Ketua Bidang Humas, Syiar, dan Dokumentasi Muktamar Muhammadiyah ke-47 , Husni Yunus di Makassar seperti dilansir situs antaranews.com, 3 Agustus 2015.

Menurut dia, massa tersebut datang dari seluruh daerah di kabupaten dan provinsi se-Indonesia dengan membawa rombongan sebagai bentuk kecintaan kepada organisasi untuk mendapatkan pencerahan saat mengikuti muktamar yang digelar lima tahun sekali.

“Semua delegasi hadir di sini dalam pembukaan muktamar sekaligus mereka bertemu alumni dan kader Muhammadiyah, bisa dilihat sendiri suasana begitu ramai dan padat sekali orang mengunakan atribut Muhammadiyah” tuturnya.

Salah satu penggembira yang ditemui di luar arena, Siswanto mengaku sengaja jauh-jauh datang untuk melihat langsung kegiatan pembukaan muktamar dan rangkaiannya ini meskipun dari jarak jauh.

“Saya ikhlas datang kemari untuk memberikan semangat bagi Muhammadiyah agar terus bertahan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat Islam untuk lebih maju dan kreatif,” tutur pria asal Surabaya, Jawa Timur itu.

Berdasarkan pantauan empat ruas jalan yang mengelilingi karebosi yakni jalan Kartini, Kajoalalido, Sudirman dan Ahmad Yani terlihat jauh lebih padat dari hari biasanya. Bahkan beberapa kendaraan terpaksa parkir di badan jalan.

Selain itu ruang parkir di Karebosi Link yang semula dianggap mampu menampung kendaraan roda dua dan empat pun akhirnya melebihi kapasitas karena begitu banyaknya kendaraan yang masuk untuk mencari tempat parkir.

Petugas Kepolisian dibantu Dinas Perhubungan Kota Makassar terlihat sibuk mengatur lalulintas baik kendaraan yang melintas maupun yang ingin parkir. Puluhan spanduk, bendera, umbul-umbul dan baliho bertuliskan Muktamar Muhammadiyah pun menghiasi lapangan kerebosi

Sementara sejumlah Pungggawa ta, Tapak Suci Muhammadiyah dan satgas Muktamar serta petugas kepolisian juga TNI tersebar di sejumlah pintu masuk kerebosi guna mengamankan jalannya acara muktamar tersebut.

Sedangkan petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Makassar menyiapkan mobile Dottoro Ta, atau Home Care yang berfungsi memberikan pertolongan kesehatan baik kepada peserta maupun penggembira. Selain itu puluhan toilet mobile juga terlihat di dalam lokasi tersebut.

Muktamar Muhammadiyah ke-47 ini di hadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Agama, Menteri Perindustrian, Ketua MPR, Ketua DPD dan anggota DPD asal Sulsel, Gubernur Sulsel, Wali Kota Makassar, Kapolda, PangdamVII Wirabuana dan pejabat lainnya.

Acara berlangsung khidmat dan lancar sesuai jadwal dan tidak ada ancaman atau ganguan teror. (Wm/*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.