Kodim Temukan Telusuri Bantuan Alsintan


Alat-Pertanian-WMPAMEKASAN, 30/6 (WARTAMADURA.COM) – Kodim 0826 Pamekasan, menelusuri pemberian bantuan alat-alat mesin pertanian (Alsintan) agar bantuan itu digunakan sebagaimana mestinya.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi dalam rilis yang disampaikan kepada media menjelaskan, langkah itu dilakukan menyusul adanya laporan masyarakat bahwa sebagian alat-alat tersebut diduga dijual.

“Yang dilaporkan dijual itu di Desa Panglegur Pamekasan, makanya kami telusuri,” katanya.

Untuk Desa Panglegur ini, yang juga mendapatkan bantuan adalah mesin pertanian adalah Kelompok Tani Maduratna dengan ketua Wariyanto Sekdes Panglegur. Jenis bantuan berupa traktor tangan merk Yanmar.

“Kalau kelompok tani lain rata-rata aktif dan mesin alat pertanian bantuan pemerintah itu digunakan sebagaimana mestinya,” kata Babinsa Panglegur, Koramil Tlanakan Sertu Sapraji.

Tehnis pemakaian traktor untuk anggota Poktan secara bergantian, namun tetap membayar sewa. Tujuannya untuk mengisi kas kelompok dan untuk memperbaiki bila ada kerusakan.

“Bantuan traktor tangan yang tidak pernah dibapaki, karena penerimanya memang bukan petani, melainkan aktivis LSM adalah bantuan pada kelompok tani Sumber Makmur dengan ketuanya Abd Rahem,” kata Sapraji.

Atas temuan itu, Dandim Letkol Arm Mawardi selanjutnya meminta tim Babinsa mendalami kasus itu dengan berkoordinasi dengan pihak terkait, sebab, sejatinya bantuan alat pertanian yang diberikan pemkab itu untuk membantu petani, bukan pegiat LSM.

Bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diketahui diterima LSM ini diserahkan Pemkab Pamekasan pada 17 Juni 2015 di Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Pamekasan di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu.

Sebanyak 14 traktor tangan dan 100 mesin pemotong padi dihibahkan kepada para kelompok tani penerima bantuan dengan tujuan untuk membantu petani petani meningkatkan produksi hasil petanian mereka. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.