HMI Pamekasan: Konflik KPK-Polri Jangan Dipertontonkan


Pamekasan (Blogger Madura) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta agar institusi KPK dan Polri segera mengakhiri konflik yang terjadi di dua institusi itu dan tidak mempertontonkannya kepada publik.

“Jika konflik kedua institusi ini terus berkepanjangan, ini akan sama halnya dengan membuka ruang bagi masyarakat di negeri untuk meniru seperti yang saat ini terjadi,” kata Koordinator Majelis Pekerja Komisariat (MPK) HMI STAIN Pamekasan Hernan Muhni seperti yang dilangsir antarajatim.com, Sabtu.

Persepsi publik yang berkembang pascapenangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto karena institusi Polri tidak terima sosok yang hendak dicalonkan sebagai Kapolri dan telah disetujui DPR justru, lalu oleh KPK ditetapkan sebagai tersangka dalam kepemilikan rekening gendut.

Dari sisi hukum, kata dia, polisi menetapkan Bambang sebagai tersangka, tidak salah, karena semua orang sama kedudukannya di mata hukum. Sebagaimana juga KPK tidak salah dalam menetapkan BG (Budi Gunawan) sebagai tersangka kepemilikan rekening gendut.

Keduanya memiliki alat bukti permulaan yang cukup. Hanya saja, kesan yang mengemuka setelah Wakil Ketua KPK ditangkap, dan langsung ditangani oleh Mabes Polri dengan proses yang sangat cepat, cara pandang publik telah terarah, bahkan penangkapan Bambang dianggap sebagai sandera atas penetapan tersangka calon Kapolri Budi Gunawan.

Oleh karenanya, sambung dia, pihaknya meminta agar konflik kedua institusi itu hendaknya diakhiri. Salah satu caranya, kedua tokoh itu sama-sama mengundurkan diri.

“Bambang sebaiknya mundur dari jabatannya di KPK dan demikian juga Budi Gunakan dari pencalonannya sebagai Kapolri,” katanya.

Langkah ini, diyakini Hernan, akan mampu mengembalikan persepsi publik yang selama ini berkembang, bahwa penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Calon Kapolri Budi Gunawan murni merupakan penegakan hukum, bukan karena adanya upaya politisasi hukum. (Komunitas Blogger Madura)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.