Munaji Protes Ketentuan Audiensi Yang Dibuat Halili


PAMEKASAN, WARTAMADURA.COM – Anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Munaji Santoso memprotes ketentuan audiensi yang dibuat oleh Ketua DPRD Sementara, Halili Yasin.

Anggota DPRD dari Kecamatan Batumarmar, Pamekasan ini menilai, ketentuan audiensi yang buat oleh Halili itu, terkesan membatasi, bahkan mempersulit masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasinya ke lembaga legislatif.

“Baru sekarang ini ada aturan di Pamekasan bahwa masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasinya hanya menyertakan foto kopi akte pendirian organisasi. Bagaimana kalau yang hendak menyampaikan aspirasi rakyat biasa yang tidak berorganisasi,” kata Munaji kepada wartawan di Pamekasan, Jumat (19/9/2014).

Munaji berpendapat, ketentuan mengenai audiensi sebagaimana ditetapkan oleh Ketua DPRD Sementara Pamekasan, sama halnya dengan mengebiri kebebasan berpendapat dan kebebasan menyampaikan aspirasi.

Di Pamekasan, kata dia, tidak semua kelompok masyarakat mendaftarkan kelompoknya di akte notaris, sebagaimana menjadi persyarakat yang ditetapkan Halili dalam mengajukan audiensi ke lembaga legislatif.

“Yang perlu diketahui, kelompok tani, nelayan, tukang ojek dan tukang becak itu tak satupun yang mendaftarkan paguyuban mereka ke notaris. Nah, ketentuan yang dibuat Ketua DPRD Sementara Halili itu, kan sama dengan mengebiri hak menyampaikan aspirasi mereka,” katanya.

Oleh karenanya, Munaji meminta agar Halili hendaknya meninjau kembali kebijakan yang telah dibuat itu, apalagi, menurutnya, ketentuan mengenai prosedur audiensi itu, bukan atas kesepakatan semua anggota DPRD Pamekasan, melainkan hanya segelintir orang.

“DPRD ini lembaga, janganlah membuat aturan sendiri, apabila aturan itu berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum,” pungkasnya. (Im/WM)

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.