Mahasiswa Baru UTM Tolak Pungutan IKOMA


DEMO UTM BANGKALANBANGKALAN, WARTWAMADURA.COM – Mahasiswa Baru dari Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, berunjuk rasa di depan kantor rektorat, Rabu, meminta kejelasan terkait uang pungutan sebesar Rp325 ribu oleh Ikatan orang tua mahasiswa(IKOMA) UTM.

Selain meminta kejelasan terkait penarikan sumbangan yang dilakukan oleh IKOMA, mahasiswa juga menuntut agar IKOMA dibubarkan, karena lembaga itu dinilai tidak jelas arah dan tujuannya.

Ketidak jelasan pungutan yang dilakukan oleh pihak kampus memancing emosi para mahasiswa, sehingga mahasiswa juga meminta agar uang sebesar Rp325 ribu yang telah dipungut oleh pihak kampus untuk dikembalikan.

“Kembalikan uang kami, sudah bayar uang kuliah tunggal(UKT), jadi mengapa harus bayar pungutan tak jelas seperti IKOMA,” teriak mahasiswa

Sementara itu, Ketua IKOMA UTM, Hakim saat menemui pengunjuk rasa mengatakan, IKOMA tersebut terbentuk atas dasar kesepakatan orang tua mahasiswa, dan lembaga itu dibentuk khusus di Fakultas ekonomi(FE).

IKOMA, katanya, merupakan mitra kampus, yang tujuannya membantu pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi, menciptakan gotong antarorang tua mahasiswa dan kampus, dan mengakomodasi kepentingan orang tua mahasiswa.

Saat mahasiswa menyinggung kejelasan dana IKOMA tersebut, ia menjawab untuk pengembangan akademik mahasiswa. “Ya itu semua untuk mahasiswa, nanti apabila mahasiswa FE berprestasi, maka akan diberi reward dengan menggunakan dana IKOMA ini,” jawabnya.

Jawaban itu dinilai lucu oleh mahasiswa, sebab reward bagi siswa berprestasi bukan diberikan oleh pihak kampus melainkan diberikan melalui hasil sumbangsih dari orang tua siswa.

“Aneh, ya kalau yang berprestasi, kalau yang tidak berprestasi lantas dapat apa?” sanggah mahasiswa.

Sementara, Dekan FE UTM Bangkalan, Tribanus menyatakan, selain untuk membantu pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi, pungutan IKOMA juga digunakan untuk kebutuhan KKN, seminar mahasiswa diluar negeri, dan kegiatan mahasiswa positif lainnya. Karena kalau mengandalkan UKT tidak mencukupi. (Husin/WM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.