Desakan Pencopotan Sekda Pamekasan Tidak Berdasar


SUROSO PAMEKASANPamekasan, 14/9 (Warta Madura) – Munculnya desakan sejumlah massa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Forum LSM Pamekasan, yang belakangan ini menuntut agar Bupati Pamekasan, Achmad Syafii, mencopot Sekda Pamekasan, Alwi Bik, tidak ada dasar hukumnya.

Sebab alasan PMII dan Forum LSM menghendaki sekda dicopot, hanya karena tingkat kedisplinan PNS rendah, lemahnya serapan anggaran 2014 dan lemahnya mengkoordinir pada satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Ketua Lembaga Pusat Penelitian dan Pengembangan Madura (LP3M) Pamekasan, Suroso, mengatakan, jika ingin mencopot sekda hanya dengan ketiga alasan di atas itu berlebihan dan sudah kebablasan, karena landasan hukumnya tidak ada.

Dikatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keungan Negara, Pasal 6 ayat 1  kuasa pengelolaan keuangan, diserahkan kepada gubernur/bupati/walikota selaku kepala pemerintahan daerah. Dan di Pasal 10 ayat 1 pengelolaan keuangan dilaksanakan oleh satuan kerja pengelola keuangan daerah selaku pejabat APBD, serta dilaksanakan oleh kepala SKPD selaku pejabat pengguna anggaran.

“Kalau serapan anggarannya lemah, jangan menyalahkan sekda. Tapi tanya dulu kepada masing-masing SKPD kenapa serapan anggaran bisa lemah seperti itu. Seharusnya yang mereka kritisi bukan sekda, tapi SKPD,” kata Suroso dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada wartawan di Pamekasan, Minggu (14/9/2014).

Menurut Suroso, tugas sekda mengkordinir perencanaan program dan mendorong SKPD bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Jika ternyata SKPD tidak bisa berjalan sebagai mestinya, sehingga serapan anggaran itu rendah, karena ada anggaran fisik dan nonfisik. Sementara untuk pengguna anggaran fisik, melibatkan banyak rekanan.

Karena itu lanjut Suroso, ia menyayangkan tindakan mereka yang ingin menjatuhkan sekda, tapi tidak berlandasan hukum. Kecuali sekda melanggar aturan berat, maka ini menjadi pertimbangan untuk diganti. Namun jika persoalan itu terletak pada SKPD, jangan sekda yang dikorbankan. (Ismail Hasan/WM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.