Pupuk Bersubsidi Langka Di Pamekasan


PUPUK LANGKAPamekasan (Warta Madura) – Pupuk bersubsidi di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, langka, mendekati musim tanam tembakau 2014, dan persediaan pupuk di semua kios dan pengecer kosong.

“Saya mengetahui langsung bahwa pupuk bersubsidi langka, karena saya sendiri di rumah menjadi pengecer pupuk,” kata Ketua DPRD Pamekasan Halili, kepada Antara, Rabu siang (14/5/2014).

Jenis pupuk bersubsidi yang mengalami kelengkaan, kata Halili adalah jenis pupuk ZA, dan SP36. Jenis pupuk ini memang sangat dibutuhkan petani, menjelang musim tanam tembakau.

Halili menjelaskan, beberapa hari lalu, persediaan pupuk di sejumlah gudang distributor pupuk di Kabupaten Pamekasan sudah menipis. “Dan hari ini persediaan sudah tidak ada. Semua gudang kosong,” katanya.

Sehingga, sambung dia, kalaupun ada permintaan dari pihak pengecer, distributor tidak bisa memenuhi permintaan itu.

Oleh karenanya, sambung Halili, pihaknya meminta agar instansi terkait hendak mengambil langkah cepat untuk mengatasi persoalan kelangkaan pupuk ini. Sebab menurut Halili, pupuk jenis ZA dan SP36 kini sangat dibutuhkan petani untuk persiapan musim tanam tembakau.

“Kelangkaan ini terjadi di semua kecamatan, karena di gudang distributor sudah tidak ada lagi,” kata Halili.

Halili mengatakan, hal lain yang juga perlu diperhatikan pemerintah terkait kelangkaan pupuk bersubsidi itu, kemungkinan adanya upaya penyimpangan, semisal penimbunan pupuk oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab.

“Sebab, kelangkaan pupuk ini biasa sering terjadi setiap menjelang musim tanam. Ini kan juga perlu diwaspadai agar petani tidak menjadi korban,” pungkasnya. (Wahyu Darmawan)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.