Satpol PP Kualahan Atasi Penambangan Pasir Ilegal


PENAMBANGAN PASIR
Ilustrasi

Sumenep, 16/4 (Warta Madura) – Makin maraknya aksi penambangan pasir liar (ilegal) dipesisir pantai utara di Kabupaten Sumenep, Madura, selama dua bulan terakhir, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, angkat tangan.

Razia yang sering dilakukan Satpol PP, nampaknya tidak membuat para penambang pasir liar jera. Justru aksi mereka saat ini secara terang-terangan dan bergerombol.

“Kegiatan operasi penambang pasir liar dipesisir utara seperti tidak ada gunanya. Sekalipun para penambang pasir diamankan karena tertangkap tangan saat beraksi, ternyata mereka semakin berani menambang pasir,” kata Abdul Madjid, Kasatpol PP Sumenep, Rabu.

Ia mengungkapkan, untuk menekan penambangan pasir liar diwilayah pantai utara, pihaknya meminta pemerintah kabupaten (pemkab) Sumenep agar melegalkan penambangan pasir dengan berbagai syarat.

“Pemkab harus menentukan batasan-batasan lokasi penambangan antara yang boleh ditambang dan tidak. Sehingga masyarakat punya tanggung jawab untuk mengawasi lokasi penambangan,” terangnya.

Dengan aturan itu, lanjut Madjid, masyarakat setempat nantinya bisa ikut serta menjadi penambang untuk menambah penghasilan. “Kalau dilegalkan, maka hasil dari penambangan pasir yang ada di daerah mereka, tidak hanya dinikmati warga dari luar seperti yang terjadi saat ini, melainkan masyarakat setempat juga bisa menikmati hasil dari penambangan pasir,” tuturnya.

Sementara Bupati Sumenep, A Busyro Karim, mengatakan, untuk saat ini tidak bisa memberikan keterangan berupa apapun, karena masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Kelautan.

“Apabila sudah ada juknis dari kementerian kelautan, kami akan langsung melakukan pememetaan lokasi, untuk dijadikan lokasi penambangan,” ungkapnya. (Nit/As)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.