Lembar Jawaban Salah Cetak Juga Terjadi di Sumenep


UN SumenepSumenep, 16/4 (Warta Madura) – Lembar Jawaban Komputer (LJK) Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan yang sederajat yang salah cetak juga terjadi di Kabupaten Sumenep, Madura untuk bidang studi Bahasa Inggris.

Sebagaimana di Kabupaten Bangkalan, di Sumenep naskah soal UN Bahasa Inggris, yang seharusnya terdapat pilihan dari A hingga E, di LJK hanya tersedia jawaban A hingga D.

“Kekurangan kolom itu baru terjadi Rabu (16/4) ini, dihari terakhir Unas. Itu diketahui pada jam pertama Unas dengan mata ujian Bahasa Inggris,” kata Tirmidi, Kepala SMA Pesantren Al-In’am, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Ia mengungkapkan, kekurangan kolom LJK itu dialami 21 siswanya, yang tersebar di 3 ruang kelas.

“Jumlah peserta Unas di SMA Pesantren Al-In’am ini sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam 3 ruang. Tapi, yang kekurangan kolom hanya dialami 21 siswa,” terangnya.

Hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan Sumenep, lanjut Tirmidi, bagi siswa yang kekurangan kolom jawaban tetap dilanjutkan.

“Untuk keselamatan 21 siswanya itu diberi kewenangan untuk mengisi kolom tersendiri,” ujarnya.

Informasi yang diterima dilapangan menyebutkan bahwa kekurangan kolom LJK juga dialami peserta Unas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep.

Seperti diketahui, peserta Ujian Nasional tingkat SMA sederajat di Sumenep sebanyak 11.634 siswa, termasuk peserta kejar paket C, yang terbagi untuk Kecamatan daratan sebanyak 9.619 siswa, dan di kecamatan kepulauan sebanyak 2.015 siswa. Pelaksanaan Unas tersebut melibatkan 1.072 pengawas ruang. (Nit/As)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.