Dua Kades Korupsi Dinonaktifkan Bupati Pamekasan


IskandarPamekasan (Warta Madura) – Bupati Pamekasan, Jawa Timur, menonaktifkan dua kepala desa (kades) yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan beras bagi warga miskin (raskin).

“Surat Keputusan menonaktifkan kedua kepala desa ini telah diproses, dan juga telah disampaikan kepada yang bersangkutan,” kata Ketua Komisi A DPRD Pamekasan Iskandar, Selasa(7/1/14).

Kedua kepala desa yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi ini masing-masing Kepala Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Mohammad Urip, dan Kepala Desa Larangan Slampar,Kecamatan Tlanakan, Mustahep.

Iskandar mengemukakan hal ini, mengjelaskan hasil rapat koordinasi yang digelar DPRD Pamekasan dengan pihak eksekutif yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Camat Tlanakan dan Camat Pademawu beberapa hari lalu.

Menurut Iskandar penonaktifan kedua kepala desa yang diduga terlibat kasus dugaan korupsi bantuan beras bagi warga miskin ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Dalam ketentuannya dinyatakan, bahwa apabila kepala desa tidak bisa menjalankan tugasnya, maka hendaknya dinonaktifkan demi keberlangsung pemerintahan desa,” terang Iskandar.

Oleh karenanya, sambung Iskandar, bupati lalu mengeluarkan SK menonaktifkan kedua kepala desa yang terlibat kasus dugaan korupsi itu, dan menggantinya untuk sementara waktu dengan pelaksana tugas.

Apalagi, faktanya, kedua kepala desa tersebut selama ini memang tidak bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepala desa karena yang bersangkutan ditahan di Lapas Klas IIA Pamekasan.

Kades Tanjung diproses hukum di Kejaksaan Negeri Pamekasan, sedangkan Kades Larangan Slampar Mustahep menjadi tahapan Polres Pamekasan dengan kasus yang sama, yakni terlibat kasus dugaan korupsi bantuan raskin.

Kasus dugaan korupsi bantuan raskin di Kabupaten Pamekasan ini melibatkan sebanyak 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Akan tetapi, dari jumlah, itu baru dua kepala desa yang diusut dan diproses hukum. (asatunews)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.